Bugar

Catat! Ini 10 Cara Menahan Lapar saat Diet yang Paling Ampuh

Catat! Ini 10 Cara Menahan Lapar saat Diet yang Paling Ampuh

MOMSMONEY.ID - Sedang diet? Yuk, intip beberapa cara menahan lapar saat diet yang paling ampuh berikut ini.

Rasa lapar yang tidak terkontrol bisa menggagalkan rencana diet dan menyebabkan Anda makan lebih dari yang seharusnya.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara menahan lapar saat diet yang paling ampuh. Melansir dari Healthline, berikut adalah caranya:

1. Konsumsi protein yang cukup

Menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat mendukung penurunan berat badan.

Usahakan mengonsumsi 20-30% kalori dari protein, yang setara dengan 0,45-0,55 gram per pon berat badan atau 1,0–1,2 gram per kilogram berat badan. Ada juga rekomendasi yang menyarankan hingga 1,6 gram per kilogram.

Baca Juga: 8 Rebusan Daun Penurun Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

2. Makan makanan berfiber tinggi

Fiber melambatkan pencernaan dan memicu pelepasan hormon kenyang. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Minum banyak air

Minum air dapat membantu mengurangi rasa lapar karena kadang rasa haus bisa disalahartikan sebagai lapar. Menghidrasi tubuh dengan baik adalah kunci, tetapi ingat bahwa air bukan pengganti makanan, ya.

Baca Juga: Apakah Aman Mandi Setelah Makan bagi Kesehatan? Cari Tahu Jawabannya

4. Pilih makanan yang padat

Makanan padat memerlukan lebih banyak waktu mengunyah yang membantu mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Makanan yang lebih padat cenderung membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan cair.

5. Mindfull eating

Menghindari makan dengan cepat dapat membantu Anda lebih sadar akan sinyal lapar dan kenyang dari tubuh Anda. Mindfull eating membantu mengurangi makan berlebih dan meningkatkan kesadaran atas apa yang Anda makan.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

6. Makan perlahan

Makan lebih lambat dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi dan memungkinkan waktu bagi otak untuk menerima sinyal kenyang.

7. Gunakan peralatan makan yang lebih kecil

Menggunakan piring atau sendok yang lebih kecil bisa membantu mengurangi ukuran porsi secara tidak langsung. Cara ini membantu Anda makan lebih sedikit tanpa merasa kekurangan.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Mpox atau Cacar Monyet? Ini Ulasan Lengkapnya

8. Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat mengurangi motivasi untuk makan makanan berkalori tinggi dan sebaliknya meningkatkan keinginan untuk makanan yang lebih sehat. Hal ini juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar.

9. Cukup tidur

Tidur yang cukup penting untuk mengontrol hormon lapar dan kenyang. Kekurangan tidur bisa meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk makan.

Baca Juga: Minuman yang Cocok untuk Asam Lambung Anda, Intip Daftarnya di Sini yuk

10. Kelola stres Anda

Stres dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Mengelola stres dengan cara yang sehat, seperti berolahraga, meditasi, atau aktivitas relaksasi lainnya, dapat membantu mengontrol keinginan makan Anda.

Itulah beberapa cara menahan lapar saat diet yang paling ampuh dan dapat Anda coba. Semoga diet Anda berhasil, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News