Bugar

Minuman yang Cocok untuk Asam Lambung Anda, Intip Daftarnya di Sini yuk

Minuman yang Cocok untuk Asam Lambung Anda, Intip Daftarnya di Sini yuk

MOMSMONEY.ID - Sejumlah pilihan minuman yang cocok untuk asam lambung berikut ini layak dicoba. Apa saja pilihannya?

Gangguan asam lambung bisa sangat mengganggu. Salah satu cara efektif untuk mengelola kondisi ini adalah dengan memilih minuman yang tepat.

Pilihan minuman yang cocok untuk asam lambung tidak hanya bisa meredakan gejala, tetapi juga membantu dalam pemulihan jangka panjang.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa minuman yang cocok untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung:

1. Air kelapa

Air kelapa tanpa tambahan gula adalah pilihan yang bagus untuk orang yang mengalami refluks asam atau GERD. Minuman ini kaya akan elektrolit yang bermanfaat, termasuk kalium.

Air kelapa juga membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, yang penting untuk mengendalikan refluks asam.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh, Batasi Konsumsinya ya

2. Teh herbal

Teh herbal bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menenangkan masalah perut, seperti gas dan mual.

Beberapa herbal yang dapat meredakan gejala GERD meliputi:

  • Chamomile
  • Licorice
  • Jahe
  • Akar marshmallow

Licorice bisa membantu memperkuat lapisan lendir di kerongkongan, yang bisa mengurangi efek dari asam lambung yang naik.

Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan bahwa formula herbal yang mengandung licorice bisa memberikan bantuan untuk mengatasi gejala GERD lebih baik daripada antasida biasa. Teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan mual, menurut penelitian tahun 2019.

Untuk membuat teh dari herbal kering, gunakan 1 sendok teh herbal per 1 cangkir air panas. Rendam daun atau bunga yang tertutup selama 5-10 menit. Jika menggunakan akar, rendam selama 10-20 menit. Untuk hasil terbaik, minumlah 2-4 cangkir per hari.

Namun, sebaiknya Anda menghindari teh peppermint, karena mint dapat memicu gejala refluks asam pada beberapa orang. Selain itu, beberapa herbal bisa berinteraksi dengan obat-obatan resep, jadi sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mencoba herbal baru.

Baca Juga: Penyebab Gigi Terasa Sakit Ketika Bangun Tidur, Cek di Sini

3. Susu rendah lemak atau skim

Susu sapi mungkin sulit dicerna oleh beberapa orang. Mengonsumsi susu sapi yang tinggi lemak dan makanan berlemak lainnya bisa melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan atau memperburuk gejala refluks, menurut penelitian tahun 2019.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa lemak bisa mengurangi motilitas lambung, yang membuat makanan tinggi lemak bertahan lebih lama di perut. Jika ingin mengonsumsi produk susu, pilihlah yang rendah lemak.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

4. Susu nabati

Bagi mereka yang intoleran laktosa atau mengalami peningkatan gejala refluks asam dari produk susu, susu nabati bisa menjadi alternatif yang baik. Beberapa pilihan meliputi:

  • Susu kedelai
  • Susu rami
  • Susu kacang mete
  • Santan
  • Susu gandum
  • Susu almond

Susu kedelai dan jenis susu nabati lainnya biasanya memiliki lemak lebih rendah dibandingkan produk susu biasa, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi penderita GERD.

Baca Juga: 10 Khasiat Buncis bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan

5. Jus buah

Minuman jeruk dan minuman lain seperti jus nanas dan jus apel sangat asam dan bisa memicu gejala refluks asam. Jus dengan keasaman lebih rendah seperti jus wortel, jus lidah buaya, dan jus kubis mungkin lebih baik bagi penderita GERD.

6. Smoothie

Smoothie adalah cara yang populer untuk menambahkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam diet Anda dan juga pilihan yang lezat bagi penderita GERD.

Cobalah membuat smoothie dengan buah-buahan yang tidak asam seperti pir atau semangka, dan tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung untuk nutrisi tambahan.

Baca Juga: Khasiat Brokoli untuk Asam Lambung, Intip Tips Memasaknya di Sini!

7. Air

pH sebagian besar air adalah netral, yang bisa sedikit meningkatkan pH lambung. Air juga  dapat membantu pencernaan dan pergerakan makanan dari perut ke usus kecil, yang dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.

Penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa minum air alkali elektrolisis bisa membantu gejala gastrointestinal seperti refluks asam karena pH yang dimodifikasi, yang bisa membantu menetralkan asam lambung.

Demikianlah beberapa pilihan minuman yang cocok untuk asam lambung Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News