Bugar

10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

MOMSMONEY.ID - Jangan dibiasakan! Ketahui dampak buruk telat makan untuk kesehatan berikut ini, yuk.

Mengabaikan waktu makan atau makan tidak teratur sering dianggap remeh oleh banyak orang. Namun, kebiasaan ini sebenarnya memiliki dampak buruk yang signifikan bagi kesehatan.

Merangkum dari laman Alodokter dan Dokter Sehat, di bawah ini adalah dampak buruk telat makan untuk kesehatan:

1. Risiko diabetes meningkat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan atau makan malam terlambat memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Mpox atau Cacar Monyet? Ini Ulasan Lengkapnya

2. Mudah sakit

Telat makan dapat membuat Anda kekurangan nutrisi yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

3. Suasana hati tidak stabil

Telat makan dapat menyebabkan kadar gula darah Anda turun, yang memaksa tubuh untuk melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Ini bisa menyebabkan perubahan suasana hati yang drastis, sehingga membuat Anda lebih sensitif atau mudah marah.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh, Batasi Konsumsinya ya

4. Sulit berkonsentrasi

Otak memerlukan energi dari makanan untuk berfungsi optimal. Jika sering telat makan, Anda mungkin akan merasa sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat hal-hal penting, yang tentu saja sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

5. Sakit maag

Asam lambung yang tidak digunakan untuk mencerna makanan karena Anda menunda makan bisa menumpuk dan menyebabkan sakit maag. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gejala tidak nyaman seperti perut kembung, sakit perut, mual, dan muntah.

6. Mudah lelah

Tanpa asupan makanan yang cukup, tubuh tidak memiliki cukup bahan bakar untuk diubah menjadi energi. Hal ini membuat Anda mudah lelah karena tubuh harus bekerja lebih keras dengan pasokan energi yang terbatas.

Baca Juga: 10 Khasiat Buncis bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan

7. Kenaikan berat badan

Telat makan sering kali berujung pada makan berlebihan di waktu makan berikutnya, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kenaikan berat badan. Menimbun kalori berlebih terutama dari makanan tidak sehat juga bisa meningkatkan risiko obesitas.

8. Rambut rontok

Kebiasaan makan terlambat juga bisa berdampak pada kesehatan rambut, yang menyebabkan rambut lebih mudah rontok karena akar rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

9. Perut buncit

Mengabaikan waktu makan sering kali dianggap sebagai cara untuk menurunkan berat badan, namun pada kenyataannya, hal ini bisa membuat perut lebih buncit.

Ini terjadi karena stres yang meningkatkan produksi hormon kortisol, yang merangsang tubuh untuk menyimpan lebih banyak lemak di area perut.

10. Gangguan siklus menstruasi

Bagi wanita, telat makan juga bisa menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi dan bahkan mempengaruhi kesuburan.

Itulah beberapa dampak buruk telat makan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News