Santai

Cara Tepat Berjemur Sesuai Warna Kulit, Sebaiknya Jangan Sembarangan

Cara Tepat Berjemur Sesuai Warna Kulit, Sebaiknya Jangan Sembarangan

MOMSMONEY.ID - Jangan asal berjemur, yuk pahami cara aman berjemur sesuai dengan tipe warna kulit.

Berjemur masih menjadi aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan asupan sumber vitamin D.

Semakin hari semakin banyak orang-orang yang berjemur untuk mendapatkan vitamin D yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan imun dalam tubuh.

Namun, perlu diketahui bahwa ada beragam faktor yang wajib menjadi perhatian ketika sedang berjemur.

Baca Juga: 6 Latihan Untuk Mengasah Otak Agar Tidak Cepat Pikun, Lakukan Rutin Dari Sekarang

Selain waktu, perhatikan juga kondisi tipe warna kulit agar proses penyerapan vitamin D melalui berjemur bisa maksimal.

Menurut diagram tipe kulit dan warna oleh Fitz Patrick, seorang dermatologi asal Amerika, terdapat 6 jenis tipe warna kulit beserta sifat-sifatnya.

Dengan memperhatikan di mana letak atau tingkatan warna kulit Anda, maka Anda bisa lebih mudah memperoleh manfaat dari berjemur.

Fitzpatrick skin chart

Tipe kulit 1 dan 2 biasanya adalah orang-orang yang memiliki warna kulit pucat terang dan warna rambut pirang cenderung terang.

Baca Juga: Pentingnya Reverse Diet untuk Kontrol Rasa Lapar, Ini 4 Manfaatnya

Medical News Today menyatakan bahwa orang dengan tipe warna kulit seperti ini hanya membutuhkan waktu singkat untuk berjemur dari pada tipe warna kulit gelap.

Sebab, tipe kulit ini lebih mudah terbakar saat terpapar sinar matahari. Selain itu, pemilik kulit tipe ini kulitnya tidak mudah menggelap saat dijemur dan bisa kembali ke warna kulit asli dalam beberapa waktu.

Perlu diketahui bahwa orang-orang yang berada pada tipe kulit ini sangat rentan terkena kanker kulit. Maka dari itu penggunaan sunscreen tetap disarankan sebelum memulai aktivitas berjemur.

Selanjutnya, karakteristik dari tipe kulit 3 adalah adanya rona kuning pada warna kulit.

Jenis kulit ini terkadang dapat terbakar dan dapat menggelap saat terpapar sinar matahari. Jadi, pemilik tipe kulit ini disarankan untuk tidak berlama-lama saat berjemur.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Ini Punya Kesan Negatif, Apa Saja?

Karakteristik 4 dan 5 biasanya dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia.

Dengan karakteristik kulit sawo matang hingga gelap, orang-orang dengan warna kulit ini tidak perlu takut untuk terbakar.

Sebab, pemilik tipe warna kulit gelap membutuhkan lebih banyak waktu untuk berjemur dan terbakar.

Terakhir, adalah tipe kulit 6 yang biasanya dimiliki oleh penduduk benua Afrika dengan karakteristik kulit berwarna sangat gelap.

Ciri warna kulit ini adalah dapat menggelap dengan cepat namun tidak mudah untuk terbakar jika terkena paparan sinar matahari.

Nah, jika sudah tahu pada tingkatan mana warna kulit Anda, pastikan kini Anda menerapkan cara berjemur dengan tepat dan selalu menggunakan sunscreen, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News