Keluarga

Cara Tepat Mencuci Baju Bayi, Jangan Sampai Salah

Cara Tepat Mencuci Baju Bayi, Jangan Sampai Salah

MOMSMONEY.ID - Moms harus tahu cara tepat mencuci baju bayi karena kulit bayi yang masih sensitif.

Melansir Klik Dokter, kulit bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan masih sangat sensitif sehingga rentan iritasi. Penyebab iritasi pada bayi bisa beragam mulai dari air, sabun mandi, produk perawaan kulit hingga baju yang dikenakan bayi. 

Saat membeli baju untuk bayi Anda, tentu Anda harus mencucinya terlebih dahulu. Jangan pernah langsung memakaikannya kepada bayi Anda.

Namun, tahukah Anda cara tepat mencuci baju bayi? Melansir berbagai sumber, begini cara tepat yang bisa Moms lakukan!

Baca Juga: Cegah Tagihan Listrik Naik, Begini Cara Hemat Cuci Baju di Mesin Cuci

Gunakan detergen dan pelembut pakaian khusus

Cara tepat mencuci baju bayi adalah menggunakan detergen dan pelembut khusus yang dibuat unuk bayi. Produk khusus bayi ini biasanya dibuat dengan kandungan yang aman bagi kulit bayi. 

Anda bisa mencuci dengan detergen khusus sampai bayi berusia 6 bulan. Khusus untuk produk pelembut, pilih produk yang memakai formula hypoallergenic

Gunakan air biasa

Mencuci dengan air yang baru saja matang bisa merusak kain dan mengurangi kelembutan baju bayi. Tentu ini akan membuat baju bayi terasa tidak nyaman. Sehingga ada baiknya untuk mencuci dengan air biasa. 

Baca Juga: ini 7 Merek Baju Bayi New Born, Bisa Buat Hadiah Lo!

Cuci sesuai anjuran label baju bayi

Setiap baju bayi terbuat dari bahan yang berbeda. Sehingga cara mencucinya pun berbeda. Perhatikan pada label baju bayi apakah baju sebaiknya dicuci secara manual atau dengan mesin cuci. 

Baju yang terbuat dari 100% katun biasanya disarankan untuk dicuci manual. Jika Anda punya laundry bag Anda bisa masukkan ke dalamnya sebelum mencuci dengan mesin cuci. 

Rendam baju selama 30 menit

Anda sebaiknya merendam baju selama 30 menit sebelum mencucinya. Tujuannya untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada baju. Anda bisa merendamnya dengan deterjen. Jika sudah 30 menit, buang dan ganti dengan air baru dan detergen untuk mencucinya. 

Jangan menggunakan produk penghilang noda

Zat dalam produk penghilang noda berpotensi memicu iritasi pada kulit bayi. Sehingga untuk menghilangkan noda segera bersihkan dengan air mengali saat noda masih baru. Bisa juga gunakan tisue basah sebelum mencucinya. 

Demikian cara mencuci baju bayi dengan tepat untuk mencegah iritasi kulit pada bayi. 

Selanjutnya: Respons Perubahan Iklim, SIF dan World Economic Forum Luncurkan Platform SEAPAW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News