Santai

6 Latihan Untuk Mengasah Otak Agar Tidak Cepat Pikun, Lakukan Rutin Dari Sekarang

6 Latihan Untuk Mengasah Otak Agar Tidak Cepat Pikun, Lakukan Rutin Dari Sekarang

MOMSMONEY.ID - Agar otak tetap terus bisa bekerja dengan baik hingga tua, cobalah latih dengan beberapa kegiatan berikut.

Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh, ya. Perawatan dari dalam dan luar juga perlu dilakukan untuk merawat fungsi otak.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan beberapa latihan yang memacu otak untuk terus bekerja dengan baik. Apa saja jenis latihannya? Berikut ada beberapa daftarnya:

Baca Juga: Yuk, Maksimalkan Kinerja Otak di Waktu-Waktu Berikut Ini

Belajar skill baru

Skill atau keahlian merupakan hal yang bisa dipelajari jika Anda memiliki minat kuat. Dengan mempelajari keahlian baru, Anda akan “memaksa” otak untuk mempelajari hal baru juga.

Dari kegiatan itulah kemudian otak mampu melakukan fungsinya dengan baik. Selain melatih fungsi otak, belajar keahlian baru juga bisa menjadi bekal untuk kehidupan di masa depan.

Bermain teka-teki

Sudah bukan rahasia, ya, jika bermain teka-teki bisa melatih kesehatan dan fungsi otak bagi semua umur.

Mengutip laman Health Line, penelitian menunjukkan bahwa mengerjakan puzzle atau teka-teki mampu merekrut berbagai kemampuan kognitif dan merupakan faktor pelindung penuaan kognitif visuospasial.

Sebab, saat menyusun teka-teki atau puzzle, kegiatan mencocokkan gambar maupun tulisan bisa jadi cara yang bagus untuk menantang dan melatih otak.

Baca Juga: Waktu Tidur Malam Tertunda, Intip Penjelasan Delayed Sleep Phase Syndrome di Sini

Olahraga

Bukan cuma bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, jika dilakukan dengan rutin, olahraga juga punya dampak positif buat kesehatan otak. Olahraga mampu melepaskan kortisol yang menyebabkan stres dan tekanan pada otak.

Olahraga juga bisa memperlambat penurunan fungsi otak karena umur, loh. Maka dari itu, jika ingin kesehatan otak selalu terjaga, mulailah dengan rajin berolah raga, ya.

Meditasi

Selain menenangkan, meditasi pun bagus untuk kesehatan otak. Very Well Mind menyatakan sebuah penelitian menunjukkan bahwa meditasi dikaitkan dengan neuroplastisitas yang lebih besar, penurunan penuaan otak, dan peningkatan kemampuan kognitif.

Di mana jika dilakukan dengan rutin, maka otak akan memiliki fungsi lebih baik dan tidak mudah pikun.

Baca Juga: Biar Enggak Cedera, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum dan Setelah Olahraga

Belajar bahasa baru

Menurut banyak penelitian, bilingualisme dapat memberikan daya ingat lebih baik, peningkatan keterampilan visual-spasial, dan tingkat kreativitas lebih tinggi.

Dengan keahlian untuk belajar bahasa baru, Anda bisa membuat otak menunda timbulnya penurunan fungsinya. Beberapa hal yang mungkin bisa dicoba selain mempelajari bahasa baru adalah belajar memainkan alat musik, atau mempelajari hobi baru.

Tambah kosakata

Kosakata yang banyak dan beragam ternyata bisa dikaitkan dengan fungsi otak, loh. Selain bisa membuat Anda terlihat pintar, menambah kosakata baru juga bisa menjadi stimulasi bagi otak.

Penelitian menunjukkan bahwa ada lebih banyak bagian otak yang terlibat dalam mempelajari kosakata, khususnya di bagian yang penting untuk pemrosesan visual dan pendengaran.

Yuk, lakukan secara rutin beberapa latihan yang bagus untuk merawat kesehatan dan fungsi otak itu tadi mulai dari sekarang.

Selanjutnya: Bukan Cuma Iritasi, Kenali 4 Tanda Anda Terlalu Sering Seks dengan Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News