Bugar

Cara Mencegah Asam Urat, Salah Satunya Ubah Pola Makan Anda!

Cara Mencegah Asam Urat, Salah Satunya Ubah Pola Makan Anda!

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara mencegah asam urat yang efektif? Tidak perlu berlama-lama, mari simak bahasannya berikut ini!

Asam urat merupakan suatu kondisi medis yang muncul akibat produksi asam urat yang berlebihan oleh tubuh atau kegagalan tubuh dalam mengeliminasinya secara efektif. Penumpukan asam urat ini dapat mengkristal dan mengendap di dalam sendi, mengakibatkan nyeri, pembengkakan, dan potensi kerusakan pada sendi tersebut.

Sebagai langkah pencegahan terhadap asam urat, perubahan dalam diet atau pola makan menjadi salah satu tindakan utama yang bisa dilakukan. Bersumber dari Very Well Health, di bawah ini adalah cara mencegah asam urat yang bisa Anda coba:

1. Mengubah pola makan

Pola makan memainkan peran penting dalam pengelolaan kadar asam urat. Purin adalah zat yang ditemukan dalam banyak makanan dan diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Mengurangi asupan makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan beberapa jenis ikan (seperti sarden dan makarel) dapat membantu.

Baca Juga: Pusing hingga Pucat, Waspada Ciri-Ciri Gula Darah Rendah!

2. Batasi asupan alkohol

Alkohol yang tinggi purin berkontribusi pada peningkatan asam urat. Semua jenis alkohol, termasuk bir dan anggur, dapat meningkatkan risiko asam urat. Risiko ini meningkat dengan setiap minuman yang dikonsumsi, sehingga penting untuk mengonsumsi alkohol dengan moderat.

3. Manajemen berat badan

Menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko asam urat. Penurunan berat badan melalui diet dan operasi bariatrik berpotensi bermanfaat, meski masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memperkuat bukti ini.

Baca Juga: Coping Stress itu Apa? Cari Tahu Arti dan Cara Melakukannya di Sini

4. Manajemen stres

Stres dapat memicu serangan asam urat. Tingkat stres yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat. Teknik manajemen stres seperti pernapasan diafragma, yoga, dan meditasi dapat mengurangi stres dan membantu dalam mengelola asam urat.

5. Hidrasi yang cukup

Minum air sangat penting dalam pencegahan asam urat, karena membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal. Penelitian menunjukkan bahwa hidrasi yang baik dapat mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Asam Urat, Seafood Salah Satunya

6. Penggunaan obat

Obat-obatan seperti allopurinol dan febuxostat, yang merupakan inhibitor xantin oksidase, dapat membantu dalam mencegah serangan asam urat. Allopurinol mengurangi produksi asam urat, sementara febuxostat digunakan jika allopurinol tidak efektif atau tidak dapat digunakan, meskipun memiliki peringatan terkait risiko kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa cara mencegah asam urat yang dapat Anda coba. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda tidak hanya dapat mengurangi risiko terkait asam urat, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Konsultasi dengan profesional kesehatan adalah langkah penting dalam menentukan strategi yang tepat untuk mengelola dan mencegah asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News