Keluarga

Begini Cara Mencuci dengan Mesin Cuci, Ikuti 8 Langkah Ini

Begini Cara Mencuci dengan Mesin Cuci, Ikuti 8 Langkah Ini

MOMSMONEY.ID - Pelajari cara mencuci dengan mesin cuci yang benar supaya cucian benar-benar bersih, tidak rusak, dan menjaga mesin cuci tahan lama. 

Mungkin mencuci adalah pekerjaan yang tidak perlu banyak belajar, ini adalah pekerjaan yang otomatis.

Jika Anda terbiasa langsung memasukan pakaian kotor dan menyalakan mesin cuci, baiknya periksa beberapa hal terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan kerugian.

Mempelajari cara mencuci dengan mesin cuci yang benar bisa membuat perbedaan besar terkait kebersihan hasil cucian, lo.

Beberapa cara penting saat mencuci dengan mesin cuci juga bisa membantu Anda mencegah kerusakan pada kain, warna pudar, melindungi mesin cuci, dan memastikan mesin cuci bekerja dengan efektif. 

Baca Juga: Ini 7 Barang yang Wajib Dicuci Minimal Satu Minggu 2x, Jangan Lupa!

Melansir Better Homes and Gardens, berikut cara mencuci dengan mesin cuci yang benar:

Periksa kantong baju

Sebelum memasukan baju ke mesin cuci, periksa kantong terutama di pakaian anak-anak. Pastikan tidak ada benda di dalam kantong yang mudah rusak terkena air dan bisa merusak mesin cuci Anda.

Pastikan Anda memasukan baju dengan benar

Periksa seluruh pakaian yang akan Anda cuci dengan mesin cuci. Tutup ritsleting, kencangkan kait, ikat tali, dan buka gulungan manset.

Untuk menghindari warna luntur, balik pakaian yang berwarna gelap seperti jeans dari dalam ke luar. Terakhir, buka semua kancing karena mesin cuci bisa merobek lubang kancing. 

Baca Juga: Begini lo Cara Bikin Seprai yang Menguning Kembali Menjadi Putih

Pastikan untuk membaca label perawatan pada barang-barang pakaian untuk instruksi mencuci yang tepat. Sebagian besar pakaian memiliki instruksi mencuci yang khusus yang ada pada label. 

Pisahkan sesuai kategori

Periksa label pakaian Anda. Anda akan melihat instruksi cuci dengan lembut atau cuci dengan warna yang sama. Pisahkan sesuai kategori serupa tergantung pada instruksi.

Pastikan juga untuk memperhatikan berat setiap pakaian. Misalnya, jeans dan selimut yang tebal dapat merusak kain yang lebih halus jika dicuci bersamaan. 

Cuci kain halus dengan tas laundry

Jangan lupa untuk selalu memiliki tas laundry yang berjaring-jaring. Tas cucian jala ini digunakan untuk menyimpan pakaian yang halus seperti kain yang terbuat dari katun. Tas laundry bisa melindungi kain halus ini rusak terkena mesin cuci atau pakaian lain yang lebih berat. 

Ikuti cara menuang deterjen dengan tepat

Saat mencuci pakaian dengan mesin cuci, langkah yang tepat adalah memasukan deterjen terlebih dahulu, barang cucian dan air. Setelah semua masuk, segera nyalakan mesin cuci.

Cara ini bisa mencegah busa yang berlebihan dan meminimalkan risiko kerusakan kain yang dapat terjadi ketika deterjen menempel pada kain. Jika ada dispenser deterjen di mesin cuci Anda, masukan deterjen pada dispenser tersebut. 

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Sepatu dari Bau Tak Sedap, Moms Wajib Tahu

Jangan melebihi kemampuan mesin

Pakaian yang terlalu banyak dimasukan ke mesin cuci bisa membuatnya kusut dan tidak bersih. Menempatkan terlalu banyak barang di mesin membuat hanya ada sedikit ruang untuk air sehingga sirkulasi air berkurang yang membatasi pembersihan yang efektif.

Pakaian harus dimasukan secara merata dan longgar di dalam mesan cuci. 

Gunakan jumlah deterjen yang tepat

Cara mencuci dengan mesin cuci yang benar adalah masukan deterjen sebelum cucian kotor Anda. Gunakan takaran yang tepat.

Terlalu banyak menggunakan deterjen bisa membuat busa terlalu banyak dan meninggalkan residu yang bisa memudarkan warna, menarik lebih banyak kotoran dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan bau. 

Baca Juga: Ini 7 Barang yang Harus Lebih Sering Dicuci, Mungkin Moms Sering Lupa!

Pilih siklus mencuci yang tepat

Ada tiga jenis siklus yang paling umum yang bisa Anda atur dengan mesin cuci. Berikut penjelasannya:

  • Lembut: siklus ini menggunakan kecepatan putaran yang lambat dengan agitasi minimal. Biasanya digunakan untuk pakaian kecil dan kainnya lembut. 
  • Normal: siklus ini digunakan untuk pakaian normal hingga berat seperti kaos oblong, handuk, katun dan denim. Ini menggunakan putaran tinggi dengan gerakan putaran sedang hingga berat. 
  • Perm: ini merupakan kombinasi gerakan cepat dan lambat. Gerakan lambat untuk membersihkan kotoran dan noda, kecepatan putaran lambat untuk mencegah kerutan. Siklus ini digunakan untuk mencuci nilon dan poliester. 

Demikian cara mencuci dengan mesin cuci yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Moms, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News