Keluarga

Begini Cara Mencuci Bantal di Mesin Cuci dengan Tepat

Begini Cara Mencuci Bantal di Mesin Cuci dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Jika Anda bukan pengguna bantal memory foam, ini cara mencuci bantal di mesin cuci dengan tepat. 

Hampir semua orang menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam untuk tidur menggunakan bantal. Namun hanya sedikit orang yang mencuci bantal mereka secara teratur.

Baca Juga: Bukan Obat! Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung dan Cara Mengatasi Efeknya

Padahal saat kita tidur kita melepaskan bakteri, sel kulit mati dan sejenisnya. Sehingga jika Anda tidak rutin mencuci bantal, semua tadi akan menumpuk di bantal. 

Melansir How Stuff Works, suatu penelitian menemukan bahwa 30% berat bantal setelah dua tahun penggunaan terdiri dari kulit mati, bakteri dan kotoran dari tungau debut. Tentu ini berarti bantal Anda sangat kotor dan bisa menyebabkan reaksi alergi. 

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti St Barts Hospital. Objek yang diteliti adalah bantal yang digunakan oleh rumah sakit yang dikelola oleh London NHS Trust. 

Baca Juga: Bukan Lari, Begini Cara Menghadapi Tagihan Pinjol yang Tepat

Oleh karena itu, ini waktu yang tepat untuk mengetahui bagaimana ara mencuci bantal dengan mesin cuci. Berikut langkah-langkahnya!

Cara mencuci bantal di mesin cuci dengan tepat

Periksa label bantal
Beberapa bantal bisa dicuci dengan mesin cuci, namun beberapa lebih disarankan menggunakan metode dry-clean. Sehingga sebelum mencuci bantal dengan mesin cuci, periksa labelnya dan pastikan aman untuk dicuci dengan mesin. 

Gunakan air hangat
Sebaiknya gunakan air hangat atau air panas untuk membunuh kumat, viurs dan bakteri. 

Gunakan pengaturan paling lembut
Bantal memang bukan benda yang mudah rusak, namun tetap saja jika banyak terkena guncangan (apalagi saat mesin cuci menyala) bentuk bantal bisa berubah. Maka dari itu gunakan pengaturan paling lembut. 

Tambahkan siklus pembilasan
Deterjen suka menempel pada isian bantal, sehingga saat mencucinya sebaiknya tambahkan siklus pembilasan. Pastikan tidak ada sisa deterhen yang masih menempel. Selain itu jangan menuangkan deterjen terlalu banyak ke dalam mesin cuci. 

Baca Juga: Langsung dari Ahlinya, Begini Cara Membersihkan Kuas Makeup dengan Tepat

Cuci dua sekaligus
Jangan hanya mencuci satu bantal pada mesin cuci, ini akan membuat mesin tidak seimbang. Jadi cuci dengan dua bantal sekaligus untuk menjaga keseimbangannya.

Itu tadi cara mencuci bantal dengan mesin cuci. Khusus untuk bantal yang terbuat dari memory foam, kami sarankan jangan mencucinya dengan mesin cuci. 

Sebagai gantinya, taburkan baking soda  untuk menyegarkan bantal Anda. Diamkan selama satu jam kemudian gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu bantal. 

Jika bantal memory foam Anda bernoda, gunakan kain yang sudah dibasahi dengan air deterjen, gunakan air hangat. Gosok hanya pada bagian yang bernoda. Jika noda sudah hilang, bilas menggunakan kain yang dicelupkan ke air biasa kemudian keringkan di udara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News