Keluarga

Ini 7 Barang yang Harus Lebih Sering Dicuci, Mungkin Moms Sering Lupa!

Ini 7 Barang yang Harus Lebih Sering Dicuci, Mungkin Moms Sering Lupa!

MOMSMONEY.ID - Ini 7 barang yang harus sering dicuci, yuk mulai rutin lakukan hal ini demi kebersihan rumah!

Di hari yang sibuk, setiap rumah harus selalu meluangkan waktu untuk mencuci. Kebiasaan ini membuat kita sering kali mengambil jalan praktis, hanya mencuci baju dan kain yang kita gunakan sehari-hari. Padahal banyak barang di rumah yang harus Anda cuci seperti keset. 

Baca Juga: Ternyata, Ini Bagian yang Sering Lupa Dibersihkan pada Tumbler Starbucks Tahan Dingin

Namun jangan panik! Dari 7 barang yang harus lebih sering Anda cuci ini tidak perlu Anda cuci harian bahkan mingguan lo! 

Ini 7 barang di rumah yang harus lebih sering dicuci

Seprai
Seprai harus lebih sering Anda cuci jika Moms tidak ingin tidur bersama dengan tamu tak diundang seperti kutu kasur, sel kulit mati, rambut rontok dan minyak tubuh. Anda bisa mencuci seprai setiap 7-14 hari sekali. Namun jika Anda tidur bersama anak-anak dan hewan peliharaan atau Andalan tipe yang sangat mudah berkeringat maka sebaiknya cuci seprai setiap seminggu sekali. 

Bantal
Selain harus sering mencuci sarung bantal sesering mungkin, Andalan juga perlu lebih sering mencuci bantal. Minyak, keringan dan sel kulit mati bisa menembus sarung bantal dan masuk ke bantal Anda. Untuk bantal tidur, sebaiknya cuci 2-4 kali dalam satu tahun. 

Baca Juga: Sering Lupa PIN? Ini Cara Mudah Mengaturnya Pakai BRImo

Selimut
Anda sebaiknya sering mencuci selimut karena kain ini bersentuhan langsung dengan badan saat tidur. Anda bisa mencuci selimut setiap 1-2 bulan sekali.

Karpet
Jika Anda menggunakan karpet di rumah, sebaiknya cuci karpet setiap 6 bulan sekali. Jangan terlalu sering mencucinya karena bisa membuat warnanya pudar. 

Tirai
Mungkin Anda tidak menyadari bahwa tirai menyimpan banyak debu. Oleh karena itu, sebaiknya cuci tirai Anda 2-4 kali dalam satu tahun. Anda bisa mencuci tirai dengan mesin cuci namun tetap perhatikan label pada seprai untuk memastikan benar-benar aman mencucinya dengan mesin. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak, Terapkan Sedini Mungkin Moms

Tirai kamar mandi
Bagi Anda yang menggunakan tirai kamar mandi, tirai ini sangat mudah kotor karena jamur. Hal ini disebabkan oleh kondisi kamar mandi yang lembab. Untuk tirai kamar mandi sebaiknya Anda mencucinya setiap satu bulan sekali. 

Keset kamar mandi
Keset kamar mandi sangat mudah kotor karena mereka diletakkan di lantai dan digunakan untuk mengeringkan dan membersihkan kaki. Hal ini bisa membuat keset kamar mandi lembab, berdebu dan berpasir. Maka sebaiknya cuci keset kamar mandi 1-2 bulan sekali. 

Itu tadi daftar barang di rumah yang perlu lebih sering Anda cuci demi menjaga kebersihan rumah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News