Bugar

Bahaya Menahan Kencing bagi Kesehatan, Jangan Dibiasakan ya!

Bahaya Menahan Kencing bagi Kesehatan, Jangan Dibiasakan ya!

MOMSMONEY.ID - Terbiasa menahan kencing? Ketahui berbagai bahaya menahan kencing bagi kesehatan.

Menahan kencing mungkin terlihat sepele dan sering dilakukan, terutama ketika sedang sibuk atau berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk segera pergi ke toilet.

Namun, kebiasaan ini bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan terus-menerus. Sistem kemih manusia dirancang untuk membuang limbah dan racun dari tubuh.Menahan kencing bisa mengganggu proses ini, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Apa saja sih bahaya menahan kencing bagi kesehatan? Melansir dari laman Medical News Today, di bawah ini adalah beberapa bahaya yang mengintai:

1. Nyeri

Orang yang sering menahan kencing bisa mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di area kandung kemih atau ginjal. Saat akhirnya buang air kecil, rasa nyeri mungkin tetap terasa.

Selain itu, otot-otot bisa tetap tegang setelah buang air kecil, yang menyebabkan kram di panggul.

Baca Juga: Bisa Timbulkan Penyakit, Ketahui Bahaya Perut Buncit Berikut Ini yuk!

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Menahan kencing terlalu lama bisa memungkinkan bakteri berkembang biak, yang kemudian menyebabkan infeksi saluran kemih.

Dokter umumnya menyarankan untuk tidak menunda buang air kecil, terutama jika seseorang sering mengalami ISK.

Kurangnya asupan cairan juga dapat meningkatkan risiko ISK, karena kandung kemih tidak terstimulasi untuk mengosongkan diri secara teratur, sehingga bakteri bisa berkembang dan menyebabkan infeksi.

Gejala ISK meliputi sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri di panggul atau perut bagian bawah, keinginan yang sering untuk buang air kecil, urine berbau tidak sedap, urine keruh, gelap, atau berdarah.

3. Peregangan Kandung Kemih

Menahan kencing secara rutin dalam jangka panjang dapat membuat kandung kemih meregang.

Kondisi ini menyebabkan kandung kemih kesulitan untuk berkontraksi dan mengeluarkan urine dengan normal. Jika hal ini terjadi, mungkin perlu tindakan tambahan seperti penggunaan kateter.

Baca Juga: Mudah Dikenali, Inilah 10 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Paling Umum

4. Kerusakan Otot Dasar Panggul

Menahan kencing terlalu sering bisa merusak otot-otot dasar panggul, termasuk sfingter uretra yang berfungsi menjaga uretra tertutup untuk mencegah kebocoran urine.

Kerusakan pada otot ini bisa menyebabkan inkontinensia urin. Melakukan latihan dasar panggul, seperti latihan Kegel, dapat membantu memperkuat otot-otot ini dan mencegah kebocoran.

5. Batu Ginjal

Menahan kencing dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, terutama pada orang yang memiliki riwayat batu ginjal atau yang memiliki kadar mineral tinggi dalam urine.

Urine sering kali mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat, yang bisa mengendap dan membentuk batu ginjal jika kencing terlalu lama ditahan.

Baca Juga: 9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

Itulah beberapa bahaya menahan kencing bagi kesehatan tubuh Anda. Mulai sekarang jangan biasakan menahan kencing, ya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: 16 September 2024 Libur Apa? Siapkan Diri Menikmati Long Weekend

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News