Bugar

Bisa Timbulkan Penyakit, Ketahui Bahaya Perut Buncit Berikut Ini yuk!

Bisa Timbulkan Penyakit, Ketahui Bahaya Perut Buncit Berikut Ini yuk!

MOMSMONEY.ID - Jangan dibiarkan karena bisa timbulkan penyakit. Inilah bahaya perut buncit yang perlu Anda ketahui.

Perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Jika tidak diatasi, ada beberapa bahaya perut buncit yang mengintai.

Perut buncit dikatakan bisa memicu beberapa penyakit tertentu. Apa saja penyakit tersebut?

MomsMoney telah merangkumkan beberapa penyakit yang timbul akibat bahaya perut buncit sebagai berikut:

1. Diabetes tipe 2

Perut buncit bisa meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2 karena banyaknya lemak viseral yang mengganggu kerja insulin.

Lemak ini memproduksi sebuah protein yang menyebabkan tubuh kurang sensitif terhadap insulin, yang penting untuk mengatur gula darah. Ini bisa menyebabkan diabetes, bahkan jika tidak ada riwayat diabetes dalam keluarga Anda.

Baca Juga: Ada Cara Mengecek Asam Urat dengan Jari, Memangnya Bisa?

2. Hipertensi

Menurut American College of Cardiology, orang dengan perut buncit 22% lebih mungkin mengalami hipertensi. Lemak viseral, yang menumpuk di sekitar organ vital termasuk ginjal dan kelenjar adrenal, dapat mempengaruhi fungsi organ ini yang vital dalam regulasi tekanan darah.

3. Penyakit jantung dan stroke

Dikutip dari Halodoc, lemak viseral yang berlebih menyebabkan peradangan dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, lemak ini juga memproduksi sitokin, zat kimia yang dapat memicu penyakit jantung.

Tingginya kadar kolesterol LDL (lemak jahat) akibat lemak viseral juga dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu risiko stroke.

4. Penyakit hati

Kelebihan lemak juga dapat tersimpan di sekitar hati, organ yang berperan dalam proses metabolisme lemak.

Lemak berlebih membuat hati kesulitan memprosesnya, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati atau steatosis hati. Sitokin yang dihasilkan oleh lemak ini juga dapat mengganggu fungsi hati.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

5. Demensia

Penumpukan lemak bisa mempengaruhi fungsi kognitif dan berhubungan dengan degenerasi saraf yang mempengaruhi struktur otak. Ini dapat meningkatkan risiko kondisi seperti Alzheimer hingga tiga kali lipat dalam 30 tahun mendatang.

6. Kanker

Dikutip dari Klik Dokter, perut buncit juga berkaitan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker, termasuk payudara dan kolorektal. Lemak viseral memproduksi sitokin yang menyebabkan peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan sel sehat berubah menjadi sel kanker.

Penelitian menunjukkan hubungan antara perut buncit dan risiko kanker payudara. Wanita dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang berisiko hingga 30% lebih tinggi mengembangkan kanker payudara setelah menopause.

Bahaya perut buncit terhadap kanker juga meluas ke kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru.

Demikianlah ulasan terkait bahaya perut buncit dan beberapa risiko penyakit yang bisa timbul karenanya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News