Bugar

Mudah Dikenali, Inilah 10 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Paling Umum

Mudah Dikenali, Inilah 10 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Paling Umum

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma telat datang bulan, kenali ciri-ciri orang hamil yang paling umum lainnya. 

Kehamilan adalah fase penting dalam kehidupan banyak wanita. Mengetahui ciri-ciri kehamilan awal bisa sangat membantu, baik untuk persiapan maupun penyesuaian yang perlu dilakukan selama periode penting ini.

Menyadur dari laman Alodokter, di bawah ini adalah ciri-ciri orang hamil yang paling umum:

1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah, sering disebut morning sickness, bisa terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan. Ini sering menjadi salah satu gejala awal kehamilan yang paling umum. Gejala ini bisa disertai dengan peningkatan produksi air liur, rasa logam di mulut, dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Ada Cara Mengecek Asam Urat dengan Jari, Memangnya Bisa?

2. Cepat Lelah

Jika Anda merasa lebih cepat lelah dari biasanya, ini bisa menjadi tanda kehamilan. Rasa lelah ini sering disebabkan oleh lonjakan hormon progesteron yang memengaruhi energi tubuh.

3. Payudara Lebih Besar dan Nyeri

Payudara yang terasa lebih besar, nyeri, atau kesemutan sekitar 1–2 minggu setelah pembuahan bisa menjadi ciri-ciri awal kehamilan. Selain itu, area sekitar puting (areola) biasanya menjadi lebih gelap.

4. Kulit Lebih Cerah dan Bercahaya

Beberapa wanita merasa kulit mereka menjadi lebih cerah dan bercahaya selama kehamilan karena peningkatan aliran darah.

Hormon kehamilan juga bisa meningkatkan produksi minyak di kulit, yang memberikan efek bercahaya yang dikenal sebagai pregnancy glow. Namun, ada juga yang mengalami kulit menjadi lebih kering, sensitif, atau berjerawat.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang secara Alami yang Mudah Dilakukan

5. Vagina Terasa Menebal

Beberapa wanita hamil merasakan vagina mereka menjadi lebih tebal atau kurang sensitif, yang bisa disertai dengan rasa nyeri.

Perubahan ini adalah hal yang normal selama kehamilan karena perubahan hormon. Vagina juga bisa berubah warna menjadi kebiruan atau keunguan sejak minggu keempat kehamilan.

6. Perut Membesar

Perut yang mulai membesar adalah ciri-ciri orang hamil yang mudah dikenali, meskipun biasanya baru terlihat jelas pada trimester kedua. Seiring dengan membesarnya perut, berat badan juga cenderung naik pada bulan-bulan awal kehamilan.

7. Perubahan Mood

Hormon kehamilan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba dan cepat. Ini membuat ibu hamil merasa sangat bahagia di satu saat dan sedih atau marah di saat lainnya.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

8. Sering Buang Air Kecil

Peningkatan aliran darah selama kehamilan membuat ginjal bekerja lebih keras, yang menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil.

9. Perdarahan Implantasi

Beberapa wanita mengalami perdarahan ringan yang dikenal sebagai perdarahan implantasi, sekitar 10–14 hari setelah pembuahan. Ini terjadi ketika embrio menempel pada dinding rahim dan sering dianggap sebagai tanda terakhir sebelum kehamilan.

10. Kram Perut

Kram perut yang ringan bisa terjadi bersamaan dengan perdarahan implantasi dan sering kali disalahartikan sebagai kram menstruasi. Kram ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan kram menstruasi.

Baca Juga: 9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

Itulah ciri-ciri orang hamil yang paling umum dan mudah dikenali. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Mengulik Khasiat serta Cara Minum Chia Seed untuk Diet Menurunkan BB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News