M O M S M O N E Y I D
Bugar

Apakah Kurma Bagus untuk Diet? Begini Hasil Penelitian!

Penulis: Rezki Wening Hayuningtyas  |  Editor: Rezki Wening Hayuningtyas


MOMSMONEY.ID - Dalam upaya menurunkan berat badan, pemilihan makanan yang tepat jadi salah satu kunci sukses. Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang dapat mendukung penurunan berat badan.

Disebut kurma bisa jadi makanan pilihan untuk diet. Namun, apakah kurma bagus untuk diet?

Kurma kaya akan serat. Serat adalah komponen penting dalam diet sehat dan memiliki peran besar dalam pengelolaan berat badan. Serat dalam kurma membantu menambah rasa kenyang yang bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dapat membantu mengurangi berat badan pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan.

Baca Juga: Cek Yuk, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Kurma mengandung gula alami. Meskipun kurma memiliki indeks glikemik yang relatif rendah karena tingginya kandungan serat, kurma tetap kaya akan kalori dan gula. Ini berarti bahwa dalam konteks diet, kurma harus dikonsumsi dengan moderat.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu dalam pengendalian gula darah dan manajemen berat badan yang lebih baik.

Kurma adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dalam kurma, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, dapat membantu melawan kerusakan oksidatif dan memiliki efek anti-inflamasi.

Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa antioksidan dapat memainkan peran dalam mengurangi risiko obesitas dan penyakit kronis terkait.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi, Ini Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

Peneliti dalam sebuah studi menyoroti bahwa salah satu metode efektif untuk mencegah obesitas adalah dengan menghambat lipase pankreas, enzim yang dihasilkan oleh pankreas. Dalam penelitian tersebut, berbagai ekstrak kurma berhasil menghambat aktivitas enzim ini.

Melansir dari laman Medical News Today, ada sebuah uji klinis yang dilakukan pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa konsumsi tiga kurma setiap hari tidak berpengaruh terhadap peningkatan indeks massa tubuh.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi kurma dalam jumlah terbatas setiap hari tidak akan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Peneliti dalam studi tersebut juga menunjukkan bahwa meskipun mengandung kadar gula yang tinggi, kurma memiliki nilai yang rendah dalam indeks glikemik. Ini berarti kurma memiliki pengaruh yang lebih kecil terhadap kadar gula darah dibandingkan makanan yang mengandung gula.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Kandungan Lemak Sehat, Bisa Dikonsumsi Buat Diet

Peneliti lain menekankan bahwa diet yang mengandung makanan tinggi lemak dan tinggi glikemik seringkali berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Oleh karena itu, bagi mereka yang menyukai rasa manis, mengganti makanan manis lainnya dengan kurma bisa menjadi alternatif yang menguntungkan.

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan dari kurma, penting untuk mengingat bahwa konsumsi kurma harus dilakukan dengan bijak dalam konteks diet. Kurma memiliki kalori yang tinggi.

Oleh karena itu, bagi orang yang sedang menjalankan diet rendah kalori atau mengendalikan asupan kalori, konsumsi kurma harus dihitung sebagai bagian dari asupan kalori harian.

Baca Juga: Sepele Tapi Bahaya, Cek Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu Berikut!

Demikianlah pembahasan terkait apakah kurma bagus untuk diet atau tidak. Kesimpulannya, kurma dapat menjadi tambahan yang baik untuk diet jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Kandungan seratnya yang tinggi, indeks glikemik yang rendah, dan kaya akan nutrisi membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk camilan sehat, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Makin Ganas! Ebola Bundibugyo di Kongo Menewaskan Lebih dari 2.100 Orang

Wabah penyakit Ebola virus Bundibugyo di Republik Demokratik Kongo saat ini berada dalam fase penularan yang intens. 

Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (17/8), Hujan Lebat Masih Turun di Provinsi Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca besok Senin 17 Agustus 2026 dengan status Waspada hujan lebat di sejumlah provinsi berikut ini.

Ramalan Shio Besok Senin 17 Agustus 2026, Hoki di Hari Kemerdekaan RI

Simak ramalan shio Senin 17 Agustus 2026, cek peruntungan 12 shio mulai dari karier, keuangan, asmara hingga kesehatan besok ini.​

Ramalan Zodiak Besok Senin 17 Agustus 2026, Harus Berani Ambil Langkah

Simak ramalan 12 zodiak hari Senin 17 Agustus 2026, cek peruntungan hoki karier, keuangan, cinta, dan kesehatan besok ini.​

Flavonoid pada Pepaya Naikkan Sensitivitas Insulin Pasien Gula Darah Tinggi

Sensitivitas insulin terbukti meningkat usai rutin mengonsumsi pepaya. Intip peran senyawa flavonoid dan saponin di sini.

Sistem iOS 27 Beta Bocorkan Enam iPhone Baru Sekaligus, Ada iPhone Lipat

Sistem iOS 27 Beta 5 bocorkan enam iPhone baru sekaligus. Intip rincian iPhone Ultra berdesain tipis 4,5 mm yang siap meluncur.

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi: Bahaya Lemak Trans Intai Pembuluh Darah

Lemak jenuh dari daging merah terbukti dorong produksi LDL. Cek kombinasi alternatif protein nabati dari tahu dan kacang-kacangan.

Masuki Segmen Fruit Snacks, Unifam Andalkan HiFruit Jaring Pasar Camilan Indonesia

Berupaya menjaring pasar camilan di Indonesia, HiFruit menawarkan cara menikmati buah dalam format snack .

HP RAM 8GB di Bawah Rp 3 Juta: Daya 5000 mAh & Bypass Charging Amankan Sesi Gaming

Infinix Hot 50 Pro tawarkan layar AMOLED 120Hz harga ekonomis. Simak keunggulan fitur bypass charging dan dual speaker JBL di sini.

Intip Berbagai Manfaat Teh Daun Kumis Kucing yang Ampuh Atasi Anyang-anyangan

Memilki efek diuretik alami, manfaat teh daun kumis kucing sangat efektif membersihkan bakteri di kandung kemih dan mengatasi ISK.