Bugar

Cek Yuk, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Cek Yuk, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak bisa mengeluarkannya dengan baik. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kristal asam urat kemudian menyebabkan peradangan dan nyeri yang parah. Menjauhi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat adalah salah satu solusi untuk mengelola kondisi ini.

Berikut ini Momsmoney rangkumkan beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat, bersumber dari Healthline:

1. Daging Merah dan Jeroan

Daging merah seperti sapi, kambing, dan domba, serta jeroan seperti hati, ginjal, dan jantung, memiliki tingkat purin yang tinggi. Konsumsi makanan ini sebaiknya dibatasi atau dihindari sama sekali.

Baca Juga: Waspada! Begini Ciri-Ciri Terkena Asam Urat

2. Seafood Tertentu

Beberapa jenis seafood, seperti udang, kerang, dan ikan sarden, mengandung purin yang tinggi. Mengonsumsi seafood ini dapat meningkatkan risiko serangan asam urat, sehingga sebaiknya dihindari.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkannya. Menghindari atau membatasi konsumsi alkohol dapat membantu mengelola asam urat.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Asam Urat yang Ampuh, Ada Alpukat hingga Brokoli

4. Minuman Manis dan Produk Berfruktosa Tinggi

Minuman manis yang mengandung fruktosa tinggi, seperti soda, dapat meningkatkan kadar asam urat. Makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi juga sebaiknya dihindari.

5. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, terutama yang mengandung lemak jenuh dan trans, dapat meningkatkan inflamasi dan risiko serangan asam urat. Pilih sumber lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi, Ini Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

6. Produk Susu Tinggi Lemak

Produk susu tinggi lemak, seperti keju berlemak dan krim, sebaiknya juga dihindari. Sebagai alternatif, pilih produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

7. Makanan dan Minuman Berpengawet

Makanan olahan yang mengandung pengawet dan aditif bisa memperburuk asam urat. Hindari makanan kaleng, makanan beku, dan makanan cepat saji yang umumnya tinggi purin dan aditif.

Baca Juga: Gejalanya Bikin Tidak Nyaman, Bolehkah Asam Urat Dipijat Sebenarnya?

Itulah makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Penderita asam urat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat tentang diet yang sehat dan aman bagi kondisi mereka.

Dengan menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mencegah serangan yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News