Bugar

Sepele Tapi Bahaya, Cek Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu Berikut!

Sepele Tapi Bahaya, Cek Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu Berikut!

MOMSMONEY.ID - Usus buntu seringkali disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dijalani. Akan tetapi, banyak orang yang menganggap sepele hal ini. Apa saja sih kebiasaan buruk penyebab usus buntu?

Momsmoney akan menguraikannya berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai langkah antisipasi dari usus buntu. Bersumber dari laman Halodoc, inilah beberapa kebiasaan buruk penyebab usus buntu:

1. Makan Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara dibakar, terutama yang tampak hitam karena arang, mengandung zat karsinogen yang berbahaya. Zat ini tidak hanya memicu kanker tetapi juga dapat menyebabkan radang usus buntu. Contoh makanan seperti ini termasuk sate, ayam bakar, dan ikan bakar.

Baca Juga: Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

2. Makan Gorengan

Seperti makanan yang dibakar, makanan yang digoreng juga mengandung zat karsinogen yang dapat menyebabkan kerusakan. Untuk meminimalisir risiko, lebih baik mengurangi konsumsi gorengan dan beralih ke metode memasak yang lebih sehat seperti rebusan atau kukusan.

3. Mengonsumsi Daging Kalengan

Daging instan atau kalengan yang tersedia di supermarket mungkin praktis, tetapi seringkali mengandung zat karsinogen yang bisa memicu radang usus buntu jika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Kenali Khasiat Ubi Jalar untuk Asam Lambung yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Makan Makanan yang Tidak Higienis

Radang usus buntu juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri seperti Salmonella dan E. Coli, yang sering ditemukan di makanan yang tidak higienis. Kebiasaan makan sembarangan bisa meningkatkan risiko terkena radang usus buntu karena paparan bakteri ini.

5. Menahan Kentut

Menahan kentut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Saat gas dalam saluran pencernaan tertahan, tekanan dapat menyebabkan dinding usus menjadi tipis. Kondisi ini meningkatkan risiko peradangan pada usus buntu. Penting untuk membiarkan gas keluar secara alami untuk menghindari komplikasi ini.

Baca Juga: 6 Makanan Buruk yang Bisa Merusak Organ Tubuh, Jangan Konsumsi Berlebihan!

Itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab usus buntu. Mengetahui dan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu mencegah radang usus buntu dan mempertahankan kesehatan pencernaan yang baik.

Meskipun tidak ada metode yang pasti untuk mencegah radang usus buntu, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa mengurangi risiko Anda terkena kondisi ini. Melansir dari laman Doctors Health Press, inilah cara mencegah usus buntu yang bisa Anda coba:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makan makanan yang kaya akan serat terbukti berhubungan dengan penurunan kasus radang usus buntu. Serat membantu proses pencernaan dengan memfasilitasi pergerakan makanan melalui sistem pencernaan.

Hal ini memungkinkan nutrisi dicerna dengan lebih efektif dan limbah diproses keluar dari tubuh dengan cepat. Dengan makanan dan limbah yang bergerak secara efisien melalui usus, risiko blokade yang bisa memicu radang usus buntu berkurang.

Makanan yang kaya serat termasuk gandum, kacang-kacangan, buah-buahan seperti apel dan jeruk, sayuran seperti bit dan wortel, serta biji-bijian dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Minuman Pereda Asam Lambung yang Efektif, Empas Gejala yang Mengganggu

2. Olahraga

Olahraga secara teratur tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan usus buntu Anda.

Olahraga membantu menjaga tubuh tetap sehat secara keseluruhan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memfasilitasi eliminasi racun melalui keringat, yang dapat membantu mencegah infeksi yang bisa menyebabkan radang usus buntu.

3. Konsumsi Suplemen Vitamin

Mengonsumsi suplemen vitamin A dan D juga dapat membantu mengurangi risiko radang usus buntu. Vitamin A meningkatkan fungsi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi di seluruh tubuh.

Sementara itu, vitamin D diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan patogen lainnya.

Baca Juga: Pencernaan Auto Lancar, Yuk Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit!

4. Postur Tubuh yang Baik

Memperbaiki postur tubuh Anda juga dapat memainkan peran dalam mencegah radang usus buntu. Postur yang baik mendukung aliran darah yang efisien dan pencernaan yang optimal, mengurangi kemungkinan komplikasi yang bisa mempengaruhi usus buntu.

5. Pola Makan Seimbang

Selain meningkatkan asupan serat, menjaga pola makan yang seimbang dengan rendah lemak jenuh dan trans serta tinggi makanan yang tidak diproses juga penting.

Diet sehat ini mendukung fungsi sistem pencernaan yang optimal dan mengurangi risiko umum penyakit dan infeksi yang bisa berkontribusi pada radang usus buntu.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Usus Buntu dan Cara Jitu untuk Mencegahnya!

Tidak ada jaminan penuh bahwa Anda dapat mencegah radang usus buntu. Namun, mengadopsi kebiasaan-kebiasaan sehat ini dapat meningkatkan kesehatan keseluruhan dan potensial mengurangi risiko Anda mengalami kondisi medis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News