Bugar

Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

MOMSMONEY.ID - Ada isu yang beredar bahwa nasi putih tidak baik karena bisa sebabkan diabetes. Lantas, benarkah nasi putih bisa sebabkan diabetes?

Nasi putih menjadi makanan pokok orang Indonesia sejak dulu hingga kini. Bahkan timbul paradigma bahwa rasanya belum makan apabila tanpa nasi.

Nasi putih sendiri rupanya memiliki kadar glikemik tinggi serta rendah serat, mikronutrien, dan polifenol. Tentu, karena hal itu, konsumsi nasi putih harus dipertimbangkan lagi, utamanya bagi penderita diabetes.

Baca Juga: 7 Obat Penurun Gula Darah Alami yang Bisa Anda Coba

Seporsi mangkuk nasi putih mengandung sekitar 53,4 gram karbohidrat. Ketika konsumsi karbohidrat, tubuh akan mengolahnya menjadi glukosa dan gula darah akan mengalami peningkatan.

Menyadur dari Very Well Health, sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi nasi putih dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 11%.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi nasi putih secara terukur. Selain itu, jika ingin konsumsi nasi putih sebaiknya dalam keadaan dingin. Mengutip dari Hello Sehat, nasi panas dapat meningkatkan risiko diabetes.

Hal ini didasarkan pada sebuah studi dalam jurnal Nutrition & Diabetes yang mengkaji dampak konsumsi nasi dingin pada pasien diabetes tipe 1. Studi tersebut menemukan nasi yang sudah didinginkan bisa membantu mengurangi dan mengontrol lonjakan kadar gula darah pasca makan pada individu dengan diabetes tipe 1.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

Bagi yang ingin mengonsumsi nasi hangat, disarankan untuk menyimpan nasi terlebih dahulu selama beberapa jam, kemudian menghangatkannya kembali dengan cara mengukus.

Proses ini akan menghasilkan pati resisten pada nasi, yaitu jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat diurai oleh tubuh menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan peningkatan mendadak pada kadar gula darah.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan, benarkah nasi putih bisa sebabkan diabetes atau tidak. Memang nasi bisa sebabkan diabetes. Namun, Anda masih boleh konsumsi selama porsinya terukur.

Untuk lebih baik lagi, Anda dapat konsumsi pengganti nasi putih yang lebih sehat seperti nasi merah, nasi cokelat, nasi basmati, nasi hitam, dan quinoa.

Selanjutnya: Rukita Targetkan Kelola 20.000 Kamar di 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News