Santai

Ada Banyak , Ini 4 Manfaat Makan Es Krim yang Baik untuk Kesehatan

Ada Banyak , Ini 4 Manfaat Makan Es Krim yang Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID. Banyak manfaat makan es krim yang baik untuk kesehatan mental dan fisik. Salah satu makanan yang disukai banyak orang ini mudah ditemukan di berbagai tempat dengan cita rasa tertentu.

Es krim merupakan makanan penutup yang populer dan lezat yang umumnya disajikan dalam bentuk beku. Ini terbuat dari bahan dasar seperti susu, gula, dan bahan pengental, yang dicampur dan dibekukan dengan udara di dalam mesin pembuat es krim.

Proses pembuatan es krim melibatkan pendinginan cepat dan pengadukan untuk mencegah kristalisasi besar, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut.

Secara alami, salah satu manfaat kesehatan yang ditawarkan es krim harus dipertimbangkan di samping efek negatifnya.

Baca Juga: Perbedaan Almond vs Kacang Tanah, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

Manfaat makan Es krim

Sementara itu, penyuka es krim perlu mengetahui beberapa kandungan yang ada pada sebuah es krim meski berbeda-beda setiap produsen.

Kandungan Gizi Es Krim

Simak beberapa kandungan umum dalam es krim meliputi:

  • Susu: Susu adalah bahan dasar utama es krim yang memberikan kelembutan dan kekriman. Susu dapat berupa susu sapi, susu kambing, atau susu nabati seperti susu almond atau susu kedelai.
  • Gula: Gula digunakan untuk memberikan rasa manis pada es krim. Kandungan gula dalam es krim dapat bervariasi tergantung pada jenis dan rasa es krim.
  • Bahan Pengental: Bahan seperti telur atau bahan pengental nabati seperti guar gum atau carrageenan digunakan untuk memberikan tekstur dan konsistensi yang diinginkan dalam es krim.
  • Rasa dan Aroma: Es krim dapat diberi rasa dan aroma dengan menggunakan bahan-bahan seperti ekstrak buah, cokelat, vanila, kopi, atau berbagai bahan tambahan lainnya.
  • Pengemulsi: Pengemulsi seperti lesitin digunakan untuk membantu mencampur bahan-bahan yang berbeda dalam es krim.
  • Topping dan Inklusi: Es krim seringkali diberi topping atau inklusi seperti cokelat chip, kacang-kacangan, buah-buahan, atau saus untuk menambahkan tekstur dan rasa tambahan.

Melansir dari Healthline, es krim mengandung gula dan kalori tambahan yang tinggi, mencatat bahwa banyak merek mengandung 12-24 gram gula tambahan per setengah cangkir.

Hal ini berarti satu porsi menempatkan Anda dengan baik menuju batas harian yang direkomendasikan yaitu 50 gram gula untuk diet 2.000 kalori.

Meskipun demikian, penelitian ungkap bahwa es krim benar-benar tidak bernutrisi merupakan hal yang salah.

Intip beberapa manfaat makan es krim untuk kesehatan tubuh baik fisik maupun mental.

Baca Juga: Sudah Teruji Secara Klinis, Ini Sederet Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan

Manfaat Makan Es Krim

1. Kandungan Vitamin B12

Melansir Medical News Today, adanya bahan dari susu sapi alami dapat berhubungan dengan kandundan vitamin B12. Ini dapat ditemukan dalam makanan hewani sehingga orang yang mengonsumsi pola makan nabati mungkin kesulitan mendapatkan vitamin B12 sebanyak yang butuhkan.

2. Kandungan Kalsium

Salah satu manfaat makan es krim lainnya adalah kebutuhan supan kalsium. Ini berkaitan dengan kebutuhan yang disarankan untuk orang dewasa adalah 700mg.

Kalsium menyumbang 1-2% dari berat badan orang dewasa dan 99% disimpan di tulang. Sehingga dengan bahan dasar susu dan produk susu termasuk es krim dengan sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan, merupakan sumber kalsium yang baik.

3. Kaya akan energi

Konsumsi Es Krim dapat menjadi energi instan yang bisa dimakan sebelum melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

Menurut Eat This Much, dalam satu cangkir es krim vanila memiliki lebih dari 270 kalori, sebagian besar dari 14,5 gram lemaknya, tetapi juga dari 31,2 gram karbohidratnya, termasuk 28 gram gula.

Tentu, hal ini perlu tetap dikontrol agar tubuh bisa menyerap nutrisi seperti gula alami dari sumber makanan selain es krim.

4. Perbaikan mood

Es krim, bersama dengan cokelat telah dibuktikan dalam penelitian cukup bermanfaat bagi kesehatan mental. Konsumsi es krim dapat membantu memproduksi hormon kebahagian.

Penelitian ahli saraf London Institute of Psychiatry ungkap bahwa es krim membantu memproduksi Serotonin atau hormon rasa nyaman.

Pastikan Anda memilih es krim yang memiliki kandungan gizi yang seimbang dan tidak ditambahkan pemanis yang berlebihan.

Melalui informasi terkait manfaat makan es krim di atas dapat menjadi pertimbangan untuk mengonsuminya secara bijak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News