Keluarga

8 Perkara yang Bikin Puasa Jadi Batal selain Makan dan Minum, Apa Sajakah Itu?

8 Perkara yang Bikin Puasa Jadi Batal selain Makan dan Minum, Apa Sajakah Itu?

MOMSMONEY.ID - Selain makan & minum secara sengaja, ada juga beberapa perkara yang bisa bikin puasa jadi batal. Apa sajakah itu?

Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh Umat Muslim seluruh dunia apabila telah cukup umur. Namun, ada beberapa perkara atau hal yang dapat membatalkan puasa.

Untuk tahu apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa sekaligus dapat merusak pahala puasa, berikut ini MomsMoney lansir dari NU Online dan Alfamart, selengkapnya.

Baca Juga: Hukum Mimpi Basah saat Puasa Ramadan, Batal atau Tidak? Ini Menurut Ulama

1. Sengaja memasukkan sesuatu ke dalam tubuh

Sengaja memasukkan sesuatu ke dalam tubuh adalah 1 dari 8 hal yang membatalkan puasa.

Dilansir dari NU Online, tidak boleh ada apapun yang masuk ke dalam tubuh melalui lubang yang berpangkal pada organ dalam seperti mulut, hidung, ataupun telinga.

Namun apabila itu disebabkan karena ketidaksengajaan, maka puasanya akan tetap sah & tidak batal.

2. Memasukkan obat melalui qubul & dubur

Apakah Anda menderita ambeien? Ataukah sedang memerlukan alat bantu medis seperti kateter urin? Berhati-hatilah, karena kedua hal tersebut bisa bikin puasa jadi batal.

Sebab, salah satu hal yang membatalkan puasa adalah memasukkan obat atau sesuatu benda ke dalam qubul (lubang bagian depan) & dubur (lubang bagian belakang).

Baca Juga: Keutamaan Shalat Tarawih dari Malam ke-1 hingga ke-30 di Bulan Ramadan

3. Sengaja muntah

mual dan muntah

Hal yang membatalkan puasa salah satunya adalah sengaja muntah. Muntah yang disengaja karena ingin membuat mulut jadi basah bisa dipastikan dapat membatalkan puasa.

Namun apabila muntah terjadi secara tak disengaja atau keluar sendiri, maka puasa boleh dilanjutkan dan masih tetap sah. Namun dengan catatan bahwa muntahnya tidak ditelan kembali.

Baca Juga: Hukum Menelan Dahak saat Puasa dan Cara Mengatasinya

4. Berhubungan suami-istri

Melakukan hubungan intim selama waktunya berpuasa adalah hal yang dapat membatalkan puasa.

Sebetulnya, tak ada larangan untuk berhubungan intim selama di bulan Ramadan, asalkan dilakukan pada saat waktunya berbuka puasa hingga terbitnya fajar atau setelah sahur.

Namun apabila melakukan hubungan intim saat waktunya puasa, maka puasa akan batal dan tidak sah jika dilanjutkan. Dengan begini, Anda harus membayar fidyah.

Hubungan seks

Baca Juga: Hukum Merokok saat Puasa bagi Perokok Aktif dan Pasif, Batal atau Tidak?

Dilansir dari Alfamart, seseorang yang membatalkan puasa dengan sengaja akibat berhubungan intim diharuskan membayar denda puasa dengan melakukan berpuasa selama 2 bulan penuh berturut-turut.

Namun apabila tak sanggup, maka Anda wajib memberi makanan pokok kepada 60 fakir miskin senilai 1/4 liter beras (1 mud).

Apabila masih tak sanggup juga, maka janganlah membatalkan puasa dengan sengaja.

5. Keluarnya air mani

Selain berhubungan intim, berjima (onani) serta bersentuhan dengan lawan jenis yang menyebabkan keluarnya air mani juga menjadi hal yang dapat membatalkan puasa.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

Lain lagi halnya dengan mimpi basah (ihtilam). Karena mimpi basah dilakukan secara tak sengaja, maka puasanya tetap sah dan bisa dilanjutkan.

Timbulnya nafsu seperti akibat berciuman atau masturbasi pun dapat membatalkan puasa. Sebab salah satu tujuan berpuasa adalah menahan hawa nafsu.

6. Haid & nifas

Masa nifas

Salah satu syarat wajib menjalankan ibadah puasa adalah suci dari haid & nifas (darah bekas melahirkan).

Maka apabila seorang perempuan sedang haid ataupun nifas, maka ia tak boleh melanjutkan berpuasa karena puasanya telah batal.

Meski begitu, wanita haid atau nifas wajib mengganti atau meng-qhada puasa di luar bulan Ramadan sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkannya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

7. Hilang akal atau gila

Orang yang berakal wajib berpuasa. Maka apabila seseorang telah hilang akal atau mengalami gangguan kejiwaan, seperti gila misalnya, maka hal tersebut dapat membatalkan puasa.

Ini disebabkan karena gila (junun) membuat seseorang ehilangan akal & tak dapat membedakan perkara baik/buruk, benar/salah.

Orang tersebut wajib meng-qhada puasanya di luar bulan Ramadan apabila telah dinyatakan waras kembali.

8. Murtad

Murtad juga adalah hal yang dapat membatalkan puasa.

Dapat dikatakan Murtad apabila seseorang telah keluar dari agama Islam, atau malah mengingkari keesaan Allah SWT dengan menyekutukannya dengan makhluk lain.

Baca Juga: Daftar Lengkap 31 Jenis Hewan Istimewa yang Tercantum dalam Al Quran

Hal yang dapat Merusak Pahala Puasa

Mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadan

Selain perkara yang bisa membatalkan puasa, MomsMoney juga akan membahas hal-hal yang bisa merusak pahala puasa.

Meski amalan puasa seharian penuh diterima Allah SWT & tetap sah, namun hitungan pahala bisa jadi sia-sia jika melakukan beberapa hal berikut ini, dilansir dari Alfamart:

  1. Marah
  2. Berbohong
  3. Tidur seharian selama berpuasa
  4. Melihat lawan jenis dengan penuh nafsu, namun tidak sampai keluar air mani
  5. Bergosip

Itu dia 8 hal yang dapat membatalkan puasa, sekaligus hal lain yang dapat merusak pahala puasa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News