Keluarga

8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

MOMSMONEY.ID - Patah hati & kesedihan tak bisa dihindarkan dari kehidupan manusia. Namun, Allah memberi banyak ayat-ayat penguat melalui Al Quran untuk dibaca manusia di kala sedang terpuruk.

Pulih dari patah hati bisa semakin cepat dengan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT. Adapun beberapa ayat Al Quran yang bisa menginspirasi Anda untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, meski dalam keadaan hati yang paling hancur. Ini dia ayat-ayat Al Quran selengkapnya.

Surat Al-Ankabut 29:1-2

“Alif, Lam, Mim. Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, ‘kami telah beriman,’ dan mereka tidak diuji?”

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Bertema Patah Hati, Cocok Ditonton Pasca Putus Cinta

Ayat Al Quran dalam surah ini, melansir dari About Islam Net, menunjukkan bahwa setiap manusia akan diuji segala macam cobaan oleh Allah SWT. Ada yang menderita karena kehilangan pekerjaan, kecemasan, kemiskinan, sakit, dan sebagainya.

Sayangnya, justru banyak manusia yang malah terjebak dalam kehidupan duniawi & tidak meluangkan waktu bersama Allah.

Saat sedang menghadapi cobaan, berpalinglah hanya pada Allah. Bukan malah menjauh dari-Nya & berfokus pada duniawi.

Anak mengaji

Surah Ali Imran 3:160

Surah Ali Imran dalam Al Quran juga bisa menjadi salah satu pereda patah hati yang sedang Anda rasakan. Arti ayat tersebut berbunyi:

“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.” QS Ali Imran 3:160 dikutip melalui Quran.com.

Baca Juga: Marak Kasus Cerai, Ini 7 Tips Menyembuhkan Luka Patah Hati Pasca-Perceraian

Surah Ali Imran 3:173

Masih dalam Surah Ali Imran, kata-kata penghibur patah hati & kesedihan juga diucapkan Allah lewat Al Quran yang Maha Suci.

“… Cukuplah Allah bagi kami, dan (Dialah) sebaik-baik pengatur urusan.” QS Ali Imran 3:173.

Melansir dari Pieta Studio, ayat ini menyuruh manusia untuk berusaha sebaik mungkin dalam hal apapun. Namun pada akhirnya, serahkan semua usahamu kepada Allah SWT. Sebab Dia-lah sebaik-baik perencana hidup kita.

Surah Al Insyirah 94:6

Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati: Al Insyirah ayat 6

Baca Juga: Hilangkan Beban Pikiran, Ini 7 Minuman Pereda Stres yang Bikin Mood Kembali Ceria

“Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.” QS Al Insyirah 94:6.

Melansir dari Phanteos, ayat ini meneguhkan hati manusia jika meskipun manusia menganggap jalan hidupnya serba sulit, namun akan selalu ada pertolongan-pertolongan Allah dari jalan yang tak pernah manusia duga.

Misalnya, jika kita mengalami kehilangan sesuatu, maka dikemudian hari Allah akan memberikan penggantinya yang lebih bermanfaat.

Surah Ar-Rad 13:28

Mendekatkan diri kepada Allah SWT lewat membaca ayat suci Al Quran bisa menjadi salah satu cara membuat perasaan yang sedang dilanda patah hati & kesedihan berubah menjadi tenteram.

Baca Juga: Waspada, Inilah 5 Efek Stres yang Muncul pada Wajah Akibat Cemas Tak Terkendali

Hal ini tertera dalam Quran Surah Ar Rad ayat ke 28 yang berbunyi:

“(yaitu) orang-orang yang beriman & hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Saat manusia patah hati, manusia kadang menyalahkan nasib buruknya atau bahkan menyalahkan Tuhan-Nya. Namun, sebenarnya Allah lah satu-satunya yang paling memahami kepedihan hati kita.

Maka jangan ragu untuk kembali menyapa Allah lewat shalat, mengaji, dzikir, atau sekadar berbincang kepada Allah lewat doa-doa yang kita panjatkan.

Surah Al Insyirah 94:8

“Dan hanya kepada Tuhanmu lah engkau berharap.” QS Al Insyirah 94:8

Rasa sedih, kecewa, terluka, kesepian, tersesat, dan segala jenis emosi negatif lainnya wajar dirasakan & pasti akan dihadapi semua manusia. Namun dengan menyerahkan segala niat & harapan hanya kepada Allah, maka hati akan berangsur-angsur memperoleh kedamaian & ketenangan.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Menyehatkan yang Disebut dalam Al Quran

Surah Al Baqarah 2:216

“… Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” QS Al Baqarah 2:216

Misalnya, jika kamu berpacaran dengan seseorang & dia mencampakkanmu, itu karena Allah ingin melindungimu dari dosa & malapetaka yang akan Anda hadapi saat bersama pacarmu, mengutip dari Pantheos.com.

Baca Juga: Keutamaan Shalat Tarawih dari Malam ke-1 hingga ke-30 di Bulan Ramadan

Surah Al Baqarah 2:186

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku…” QS Al Baqarah ayat 186.

Dari ayat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Alla selalu mendengarkan doa-doa yang kita panjatkan. Namun Allah akan menjawab doa-doa kita dengan cara terbaik, mungkin tidak sekarang, namun pasti jawaban tersebut baik untuk diri manusia masing-masing.

Itulah deretan ayat Al Quran penghibur patah hati & kesedihan yang bisa kamu baca setiap hari sebagai pengingat bahwa Allah tak pernah meninggalkan hamba-Nya sendirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News