Keluarga

Daftar Lengkap 31 Jenis Hewan Istimewa yang Tercantum dalam Al Quran

Daftar Lengkap 31 Jenis Hewan Istimewa yang Tercantum dalam Al Quran

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu makhluk ciptaan Allah yang dimuliakan, inilah deretan nama hewan yang namanya disebut-sebut dalam Kitab Suci Al Quran.

Hewan memiliki komunitas / koloninya tersendiri, mirip seperti manusia. Oleh karenanya, Allah menjadikan para hewan ini sebagai metafora perumpamaan, agar bisa dijadikan pelajaran hidup yang bisa diambil manusia.

Penyebutan nama hewan dalam Al Quran juga ditujukan agar manusia lebih menghormati & peduli kepada makhluk ciptaan Allah. Sebab sama seperti manusia, tujuan akhir para hewan ini juga adalah kembali kepada Allah, Tuhan YME.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan aneka ragam jenis hewan istimewa yang namanya hadir & disebutkan di dalam Al Quran. Apa sajakah itu? Simak berikut ini.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

Mengapa Al Quran menyebut nama-nama hewan ini?

Hewan dalam Al Quran: Lebah

Ada banyak jenis hewan dalam Al Quran. Namun konteks penyebutan nama beragam hewan ini juga berbeda-beda, bergantung kasusnya.

Melansir dari Islam 4 U Pro, Al Quran menyebut hewan-hewan ini sebagai metafora untuk menjelaskan suatu kisah / pelajaran di dalamnya. Ada pula jenis hewan yang disebutkan karena berkaitan dengan halal / haram jika dikonsumsi umat.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

Fakta penyebutan nama hewan dalam Al Quran

Melansir dari The Muslim Vibe, total terdapat 31 jenis hewan yang disebutkan dalam Al Quran, lebih dari 200 ayat, dan 6 surah yang didedikasikan khusus untuk hewan.

Surah-surah tersebut di antaranya ada Surah Al Baqarah (Sapi), Surah Al Anaam (Sapi), Surah Al Nahl (Lebah), Surah Al Naml (Semut), Surah Al Ankabut (Laba-laba), dan Surah Al Fil (Gajah).

Adapun kategori hewan yang disebutkan dalam Al Quran meliputi hewan berkaki empat, hewan laut, reptil, burung, dan serangga.

Hewan yang Halal dikonsumsi manusia dalam Al Quran adalah sapi, unta, burung. Sementara hewan yang haram dikonsumsi seperti monyet, babi, gajah, semut, laba-laba, dan lebah madu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

Daftar 31 jenis hewan dalam Al Quran

Inilah daftar seluruh nama hewan yang disebut dalam Al Quran, dilansir dari The Last Dialogue:

Hewan dalam Al Quran: Serigala

Baca Juga: Bisa Tetap Dapat Pahala, Ini 7 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Muslim Saat Haid

  1. Semut
  2. Kera
  3. Lebah
  4. Burung
  5. Anak sapi
  6. Unta
  7. Lembu
  8. Sapi
  9. Gagak
  10. Anjing
  11. Keledai
  12. Gajah
  13. Domba betina
  14. Ikan
  15. Lalat
  16. Katak
  17. Kambing
  18. Burung hud-hud
  19. Kuda
  20. Kutu
  21. Singa
  22. Belalang
  23. Nyamuk
  24. Ngengat
  25. Bagal
  26. Babi
  27. Burung puyuh
  28. Domba
  29. Ular
  30. Laba-laba
  31. Serigala

Itulah daftar lengkap deretan jenis hewan yang terantum di dalam Al Quran. Seluruh nama hewan istimewa di atas menyuguhkan banyak pelajaran hidup yang bisa diambil oleh manusia lewat pencatumannya di dalam Al Quran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News