Keluarga

5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

MOMSMONEY.ID - Masih belum terlambat jika ingin mengkhatamkan atau menyelesaikan bacaan Al Quran di bulan Suci Ramadan.

Al Quran adalah kitab suci yang memberi cahaya petunjuk dan sumber kekuatan. Di dalamnya, manusia dapat mengambil sifat-sifat abadi Allah dan memberi kejelasan akan hal-hal yang salah dan benar.

Keutamaan membaca Al Quran ialah diganjar pahala berlipat ganda untuk setiap surat yang dibacakan. Ini sesuai dengan sebuah hadist dari ‘Abdullah bin Mas;id yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Barangsiapa membacakan 1 huruf dari Kitab Allah, maka dia akan diberi amal kebaikan, dan suatu perbuatan baik mendapat pahala 10 kali lipat. Saya tidak mengatakan Alif-Lam-Mim itu satu huruf, tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf,” Sunan at-Tirmidzi, dikutip melalui Muslim Singapore.

Baca Juga: Fadhilah Shalat Tarawih di 15 Hari Pertama Ramadan, Bersihkan Dosa Masa Lalu

Lantas, bagaimana cara mudah untuk menyelesaikan atau mengkhatamkan bacaan Al Quran hanya dalam waktu 1 bulan? Yuk intip beberapa cara mudah berikut ini.

ilustrasi alquran

Mulai dengan niat

Sebelum mengkhatamkan bacaan Al Quran, mulailah dengan niat yang sungguh-sungguh.

Melansir About Islam, menetapkan niat bisa mempermudah proses khatam Al Quran, serta membuat ibadah mengaji lebih diterima Allah SWT.

Baca Juga: Hukum Puasa bagi Ibu Menyusui, Apakah ASI Berkurang saat Berpuasa?

Baca 2 halaman sebelum & sesudah shalat

Ada ratusan halaman di dalam sebuah Al Quran. Namun, sebenarnya berapa sih angka pasti halaman di dalam Al Quran?

Melansir dari Halal Trip, setiap 1 buah Al Quran memiliki halaman sebanyak 600. Jika dibagi 30 hari bulan Ramadan, maka dalam 1 hari, setidaknya Anda harus bisa menyelesaikan 20 halaman Al Quran.

Agar mempermudah mengkhatamkannya, cukup baca 2 halaman Al Quran sebelum & 2 halaman setelah shalat 5 waktu. Terasa lebih mudah, bukan?

Sedangkan jika sedang haid, Anda bisa membacanya sebanyak 4 halaman sebelum shalat & 4 halaman sesudah shalat. Atau bisa juga saat Anda memiliki waktu luang. Yang terpenting adalah membaca 20 halaman dalam 1 hari.

Baca Juga: Hukum Merokok saat Puasa bagi Perokok Aktif dan Pasif, Batal atau Tidak?

Baca 1 juz 1 hari

cara selesaikan bacaan al quran

Cara paling umum untuk menyelesaikan bacaan Al Quran selama bulan Ramadan ialah dengan membaca 1 juz per hari.

Karena Al Quran memiliki 30 juz, maka Anda akan selesai membaca seluruh kitab suci Al Quran dalam waktu 30 hari penuh, jika cara ini konsisten Anda lakukan.

Baca Juga: 15 Negara Muslim dengan Beragam Aspek Kekuatan di Dunia, Indonesia Nomor Satu!

Gunakan metode bacaan per ayat

Cara lainnya dalam menyelesaikan bacaan Al Quran ialah dengan membagi bacaan berdasarkan jumlah ayat.

Misalnya, juz pertama terdiri dari 286 ayat (Al-Fatihah & Al Baqarah), dibagi ke dalam 5 kali waktu shalat.

Anggaplah Surat Al Fatihah sudah hafal, maka surat Al Baqarah yang berjumlah 141 ayat dibagi ke dalam 5 waktu shalat, yakni sebanyak 28 ayat per 1x shalat.

Agar lebih mudah lagi, 28 ayat tersebut dibagi lagi menjadi 2, yakni masing-masing 14 ayam untuk sebelum & sesudah shalat. Misalnya, sebelum shalat subuh membaca 14 ayam & sesudah shalat subuh juga membaca 14 ayat lanjutannya.

Baca Juga: Bisa Tetap Dapat Pahala, Ini 7 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Muslim Saat Haid

Mengaji bersama qari favorit

Melansir Islamic Relief South Africa, Qari (orang yang melantunkan bacaan Al Quran) dapat mempermudah Anda menamatkan bacaan Quranmu, lho!

Temukan Qari yang Anda sukai, dengarkan dan baca Al Quran bersama audionya. Sedikit tips, temukan Qari yang mengaji dengan kecepatan yang pas – tidak terlalu cepat ataupun lambat – dengan tempo pribadi Anda.

Itulah deretan cara menyelesaikan bacaan Al Quran selama bulan Ramadan. Jadikan bulan suci ini penuh makna dan bertabur ganjaran pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News