Bugar

6 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Sederhana dan Mudah Dilakukan

6 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Sederhana dan Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Menurunkan berat badan bisa menjadi perjalanan yang menantang bagi banyak orang. Namun, dengan pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan yang tepat, Anda dapat meningkatkan efektivitas usaha Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

Melansir dari laman Medical News Today, inilah enam jenis olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba:

1. Berjalan

Meskipun memiliki intensitas lebih rendah dibandingkan berlari, berjalan juga memberikan efek yang mirip pada tubuh. Berjalan lebih mudah dipertahankan dalam durasi yang lebih lama dan dapat dilakukan oleh hampir semua orang, termasuk mereka yang memiliki kebugaran rendah.

Berjalan di lokasi yang menyenangkan seperti pedesaan atau tepi pantai bisa meningkatkan kepuasan dan motivasi untuk berolahraga, serta potensial untuk meningkatkan kualitas tidur dan fungsi kognitif.

Baca Juga: Bikin Umur Panjang, yuk Olahraga Naik Turun Tangga yang Menyehatkan Jantung

2. Berlari

Berlari merupakan latihan kardiovaskular yang sangat efektif. Saat berlari, jantung dan paru-paru bekerja lebih keras, membakar energi yang tersimpan di sel-sel lemak.

Berlari secara teratur selama beberapa minggu atau bulan dapat secara bertahap mengurangi berat badan. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa berlari sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan kardiovaskular yang juga membutuhkan kekuatan otot, terutama dari kaki. Ini dapat dilakukan baik di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan sepeda stasioner.

Bersepeda membantu membakar kalori secara signifikan dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam rutinitas sehari-hari, seperti digunakan untuk berangkat kerja ataupun pergi ke tempat lainnya.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Latihan Resistensi

Latihan seperti angkat beban meningkatkan massa dan kepadatan otot, yang dapat meningkatkan metabolisme istirahat. Latihan ini tidak hanya membantu dalam pembakaran kalori tetapi juga penting untuk kesehatan metabolisme dan pengaturan glukosa.

5. Berenang

Berenang adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan risiko cedera yang rendah. Olahraga ini melibatkan hampir semua kelompok otot besar dan memberikan ketahanan alami dari air, yang mengurangi dampak pada sendi. Berenang sangat cocok untuk semua usia dan dapat dilakukan dengan intensitas rendah atau tinggi.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

6. Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

HIIT adalah latihan yang melibatkan siklus pendek aktivitas intensitas tinggi diikuti oleh periode istirahat. Menurut sebuah tinjauan pada tahun 2019, HIIT setidaknya sama efektifnya dengan olahraga tradisional dalam mengurangi lemak tubuh dan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Nah, itulah rekomendasi olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda tertarik untuk mencoba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News