Bugar

Cobalah Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan Berikut

Cobalah Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan Berikut

MOMSMONEY.ID - Olahraga untuk menaikkan berat badan ada apa saja ya? Yuk, cari tahu di sini!

Ketika banyak orang berjuang untuk menurunkan berat badan, ada juga yang berusaha untuk menaikkan berat badan. Menaikkan berat badan bukan hanya tentang makan lebih banyak, tapi juga melakukan olahraga yang tepat untuk membangun massa otot dan mendapatkan berat badan sehat.

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa membantu Anda dalam menaikkan berat badan.

1. Push-up

Push-up merupakan latihan sederhana namun efektif untuk mengembangkan otot di lengan dan bahu. Untuk melakukannya, berbaringlah dengan posisi perut menghadap ke bawah. Letakkan tangan Anda di lantai dengan posisi selebar bahu dan lengan di sisi tubuh.

Kemudian, dorong tubuh Anda ke atas sampai lengan terentang penuh, pastikan punggung dan kaki Anda tetap lurus. Setelah itu, turunkan tubuh Anda dengan perlahan hingga hidung hampir menyentuh lantai dan ulangi gerakan ini sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca Juga: 3 Olahan Tempe untuk Diet Ini, Turunkan Berat Badan dengan Mudah

2. Pull-up

Untuk melakukan pull-up, Anda akan memerlukan bar atau objek silinder yang kuat. Genggam bar dengan kedua tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar dan lengan selebar bahu.

Angkat diri Anda dari tanah hingga lengan lurus, kemudian terus tarik tubuh Anda ke atas sampai dagu melewati bar. Setelah itu, turunkan diri Anda dengan perlahan kembali ke posisi awal dan ulangi sesuai kemampuan.

3. Squat

Squat membantu mengembangkan otot di bokong dan kaki, khususnya otot quadriceps femoris. Berdirilah dengan kaki selebar pinggul, letakkan tangan di pinggul dan tegangkan otot perut.

Mulailah menurunkan tubuh Anda dengan menggunakan kaki seolah-olah Anda akan duduk, hingga paha sejajar dengan lantai. Pastikan bagian atas tubuh tetap diam. Kemudian, kembali ke posisi awal dan ulangi.

Baca Juga: Dapatkan Berat Badan Ideal, Konsumsi 5 Olahan Kentang untuk Diet Ini

4. Lunges

Lunges dapat dilakukan di mana saja dan bagus untuk memperkuat dan menambah volume otot kaki dan bokong. Berdirilah tegak dengan otot perut yang tegang. Langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk kedua lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong tumit Anda untuk kembali ke posisi awal dan ulangi dengan kaki yang lain.

5. Bench press

Untuk latihan ini, Anda memerlukan bangku datar dan barbell. Latihan bench press efektif untuk mengembangkan otot bahu, trisep, dan dada. Berbaringlah di bangku dengan menghadap bar jika ada, atau pegang bar dengan hati-hati saat berbaring.

Angkat bar dari rak atau pegangannya, turunkan ke dada dengan perlahan, lalu angkat kembali. Ulangi sesuai kemampuan. Disarankan melakukan latihan ini dengan bantuan orang lain untuk keamanan.

Baca Juga: Tidak Perlu Repot, Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dengan Cara Ini

6. Overhead press

Latihan ini memerlukan barbell. Overhead press menguatkan otot lengan, bahu, punggung, perut, dan kaki. Pegang bar dengan lebar selebar bahu, angkat hingga setinggi dada. Kemudian, angkat bar di atas kepala sampai lengan lurus. Turunkan kembali ke tinggi bahu dan ulangi.

Nah, itulah beberapa olahraga untuk menaikkan berat badan yang dapat Anda coba. Selain melakukan olahraga ini, penting juga untuk memperhatikan asupan nutrisi. Pastikan Anda mengonsumsi cukup protein, karbohidrat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral.

Konsumsi makanan dalam porsi yang lebih besar dan lebih sering, serta pertimbangkan untuk menambahkan suplemen protein jika diperlukan. Jangan lupa untuk memastikan istirahat yang cukup. Tidur yang baik adalah kunci dalam proses pemulihan otot dan pertumbuhan otot. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Menaikkan berat badan memang membutuhkan usaha dan kesabaran. Dengan kombinasi olahraga yang tepat dan diet yang seimbang, Anda akan dapat mencapai berat badan yang diinginkan.

Ingatlah bahwa konsistensi dan dedikasi adalah kunci dalam mencapai tujuan apapun, termasuk menaikkan berat badan. Jadi, jangan menyerah dan teruslah berusaha!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News