Bugar

Bikin Umur Panjang, yuk Olahraga Naik Turun Tangga yang Menyehatkan Jantung

Bikin Umur Panjang, yuk Olahraga Naik Turun Tangga yang Menyehatkan Jantung

MOMSMONEY.ID - Dalam pencarian metode olahraga efektif yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan mahal, olahraga naik turun tangga muncul sebagai alternatif yang menjanjikan.

Olahraga ini tidak hanya praktis tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan jantung dan dapat membantu memperpanjang usia.

Mari dalami lebih jauh mengapa olahraga naik tangga bisa menjadi bagian penting dari rutinitas harian Anda.

Menyehatkan jantung

Olahraga naik turun tangga adalah latihan kardiovaskular yang efektif karena memacu jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Seperti bentuk latihan aerobik lainnya, naik tangga meningkatkan frekuensi jantung dan membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Rutinitas ini dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Dengan jantung yang sehat, risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Membakar kalori dengan efektif

Naik tangga juga merupakan cara yang sangat efisien untuk membakar kalori. Menurut beberapa studi, naik tangga dapat membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan dengan berjalan.

Ini menjadikan naik tangga pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti Anda akan terus membakar kalori bahkan setelah olahraga berakhir.

Membuat panjang umur

Melansir dari laman Medical News Today, ada sebuah penelitian yang mengulik tentang manfaat naik turun tangga untuk umur panjang.

Penelitian ini melibatkan total 480.479 peserta, dengan distribusi yang hampir merata antara pria dan wanita, berusia 35 hingga 84 tahun. Peserta dalam studi ini termasuk seseorang yang sehat serta mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung atau penyakit arteri perifer.

Hasilnya cukup signifikan; peserta yang rutin melakukan olahraga naik turun tangga tercatat memiliki risiko kematian 24% lebih rendah selama masa studi dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga tersebut.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

Praktis dan mudah dilakukan

Salah satu keuntungan terbesar dari naik tangga adalah kemudahannya. Hampir setiap gedung memiliki setidaknya satu flight tangga yang berarti peluang untuk berolahraga ada di mana-mana—di kantor, di rumah, bahkan di mal.

Ini memberikan cara mudah untuk memasukkan olahraga ke dalam jadwal sehari-hari tanpa perlu menghabiskan waktu atau uang ekstra.

Olahraga naik turun tangga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dari memperkuat jantung, membakar kalori, hingga membuat umur panjang.

Jadi, jika Anda mencari cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan Anda dan potensi memperpanjang umur, mulailah memanfaatkan tangga di sekitar Anda sebagai alat olahraga. Siap untuk naik tangga menuju kesehatan yang lebih baik?

Selanjutnya: Apa Itu Winamp untuk Memutar Musik? Pengertian, Sejarah, dan Cara Memakainya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News