Bugar

Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung, Simak 5 Cara Konsumsinya Berikut!

Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung, Simak 5 Cara Konsumsinya Berikut!

MOMSMONEY.ID - Disebut bisa jadi alternatif obat, yuk simak ulasan lengkap air kelapa muda untuk asam lambung dan cara konsumsinya.

Air kelapa muda telah lama diakui sebagai minuman alami yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk membantu mengelola asam lambung. Air kelapa muda mengandung elektrolit dan berbagai nutrisi yang dapat membantu menetralkan tingkat keasaman dalam perut.

Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mereka yang menderita masalah asam lambung. Saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus menguji efek air kelapa terhadap refluks asam.

Namun, banyak orang telah berbagi pengalaman positif mereka dengan menggunakan air kelapa sebagai cara untuk meredakan gejala refluks asam. Meskipun air kelapa memiliki sedikit sifat asam, namun sebenarnya memberikan efek alkali yang dapat membantu menenangkan luka bakar lambung. Ini mungkin disebabkan oleh tingginya kandungan kaliumnya, yakni sekitar 600 mg per cangkir.

Baca Juga: Bisa Bikin Gula Darah Melonjak, Inilah Pantangan Makanan untuk Diabetes

Air kelapa membantu membentuk lapisan lendir yang memiliki efek pelindung terhadap asam lambung. Selain itu, air kelapa dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan karena mengandung serat.

Minuman ini juga dapat membantu meredakan gejala lain yang sering terkait dengan refluks asam, seperti mual, sehingga dapat memberikan manfaat tambahan selama masa kehamilan. Air kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi gastritis

Dengan khasiatnya tersebut, berikut Momsmoney bagikan lima cara efektif untuk mengonsumsi air kelapa untuk asam lambung, dilansir dari laman Wellness:

1. Minum Air Kelapa Dua Kali Sehari

Minum segelas air kelapa di pagi hari dan satu lagi di malam hari telah terbukti membantu mengurangi gejala refluks asam. Banyak orang merasakan dampak positif dalam waktu satu hari setelah mengonsumsi air kelapa.

Bahkan, beberapa menemukan bahwa mengadopsi pola makan sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan memasukkan air kelapa dalam rutinitas sehari-hari dapat secara permanen menghilangkan refluks asam dalam 2-3 bulan.

2. Minum Air Kelapa Setelah Makan

Gejala refluks asam sering muncul setelah makan, terutama jika makanan yang dikonsumsi bersifat asam atau berlemak. Anda bisa mencoba minum segelas air kelapa setelah makan. Bahkan setengah gelas air kelapa bisa efektif jika Anda tidak menyukai minum dalam jumlah yang banyak.

Minum air kelapa sekitar 30 menit setelah makan dapat membantu meredakan perut terasa kenyang. Namun, perlu diingat bahwa makan dalam porsi besar dapat meningkatkan risiko refluks asam.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung!

3. Smoothie Air Kelapa

Saat membuat smoothie atau jus, air kelapa bisa menjadi pengganti yang segar dan menyehatkan untuk air biasa. Anda bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan yang sesuai dengan rasa kelapa, seperti pisang, kefir, yoghurt, dan lainnya.

Smoothie yang mengandung air kelapa juga dikenal dapat membantu meredakan refluks asam. Namun, hindari menambahkan buah-buahan atau sayuran yang bisa memicu mulas, seperti jeruk, apel hijau, atau tomat.

4. Teh Air Kelapa

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai tambahan dalam teh Anda. Meskipun teh berkafein dapat memicu refluks asam, beberapa varian teh herbal bebas kafein dapat membantu meredakan gejalanya.

Anda bisa mencoba mencampur air kelapa dengan teh herbal seperti teh chamomile atau teh akar licorice, yang dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan.

Baca Juga: Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

5. Masak dengan Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi bahan tambahan yang menyegarkan dalam masakan Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti air untuk memasak nasi, gandum, atau dalam pembuatan saus dan dressing. Ini bisa menjadi cara yang menyehatkan untuk menambahkan rasa kelapa pada hidangan Anda sehari-hari.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait air kelapa muda untuk asam lambung dan cara konsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News