Keluarga

5 Cara Persiapkan Diri Sebelum Mukbang Makanan Pedas, Tak Bikin Perut Mules!

5 Cara Persiapkan Diri Sebelum Mukbang Makanan Pedas, Tak Bikin Perut Mules!

MOMSMONEY.ID - Apakah anda termasuk orang yang memiliki perut sensitif, terutama setelah menyantap makanan pedas? Supaya bisa mukbang makanan pedas, ini beberapa persiapan yang harus kamu lakukan.

Menyantap makanan pedas bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki perut super sensitif. Terlalu pedas sedikit saja sudah bisa membuat berbagai macam masalah pada perut.

Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara persiapan sebelum menyantap makanan pedas. Cara-cara ini membantu Anda mengurangi sensasi panas membakar pada perut.

Intip artikelnya yang dilansir dari Serious Eats, Happy Spicy Hour, dan First We Feast, berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Sambal Ulek Terasa Lebih Pedas daripada Biasanya, Makin Maknyus!

Pastikan perut tidak kosong

Cabai terpedas di dunia: Scotch bonnet

Perut tak akan kuat menyantap makanan pedas jika dibiarkan dalam keadaan kosong. Maka dari itu, sebisa mungin untuk selalu makan karbohidrat terlebih dahulu.

“Sebaiknya makan sesuatu yang dicerna dengan lambat seperti daging atau semangkuk oatmeal. Makan sesuatu yang sangat pedas saat perut kosong akan membuat perut terkejut,” ucap James Beck dalam First We Feast.

Baca Juga: Resep Nashville Hot Chicken, Sajian Ayam yang Pedasnya Nempel di Lidah

Makan dalam porsi kecil

Cara terbaik mempersiapkan perutmu agar kuat makan pedas adalah dengan mencoba belajar menyantap makanan pedas dalam porsi kecil.

Makanan pedas dengan porsi kecil tapi sering akan membuat perutmu lama kelamaan terbiasa & beradaptasi dengan keadaan. Jadi ketika waktunya nanti Anda ingin menyantap makanan pedas dalam porsi banyak, maka perutmu tak akan sakit.

Rutin minum susu segar

Segelas susu

Baca Juga: Tips Menjaga Kesegaran, Rasa dan Aroma Bumbu Rempah, Bisa Awet Bertahun-tahun

Seperti yang diketahui, susu mengandung protein & lemak yang bisa memecah rasa pedas akibat zat kimia capcaisin. Maka sebelum menyantap makanan pedas, sebisa mungkin minumlah segelas besar susu terlebih dahulu.

Minum susu sebelum menyantap makanan pedas dapat membantu mengurangi ras padas dalam lidah, perut, dan tenggorokan. Disarankan juga untuk mengonsumsi susu full cream ataupun susu skim.

Makan sesuatu yang pedas setiap minggu

Jalapeno

Baca Juga: Daftar 5 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Sambal Ulek dari Indonesia!

Makan sesuatu yang pedas setiap minggunya dapat membantu tubuh agar lebih toleran terhadap capcaisin.

Jika Anda masih takut menyantap makanan pedas, Anda dapat memulainya dengan makanan berempah yang menghangatkan tenggorokan seperti jahe, cengkeh, kunyit, pala, dst.

Jika sudah kebal terhadap panasnya rempah, mulai tingkatakan makanan dengan menambahkan cabai sedikit demi sedikit.

Sediakan bahan menyejuk perut

Di setiap makanan pedas, disarankan untuk selalu menyediakan bahan pereda pedas dalam setiap makanan.

Baca Juga: Rekor 5 Besar Saus Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 16 Juta SHU!

“Tip yang bagus adalah menyantap makanan pedas dengan bahan pendingin alami bagi tubuh. Misalnya, makanan Thailand yang pedas selalu menggunakan santan yang punya sifat mendinginkan,” ujar Seema Vora, seorang praktisi kesehatan integrative di NYC melalui Serious Eats.

"Makanan India dan Meksiko juga cenderung mengandung daun ketumbar atau jeruk nipis yang bersifat mendinginkan & membantu mengurangi efek kuat dari makanan pedas,” lanjutnya.

Itulah berbagai cara persiapkan diri agar perut kuat saat menyantap makanan pedas. Anda yang memiliki perut sensitif dapat meniru trik di atas, ya.

Selanjutnya: Sejumlah Bank Masih Selektif Kucurkan Kredit ke Sektor Konstruksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News