Santai

5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda ingin membuat taman dalam ruangan atau taman indoor? Jika iya, Anda bisa menyimak artikel ini yang akan membahas tentang cara mudah membuat taman indoor yang subur.

Seperti diketahui, membuat taman dalam ruangan cukuplah mudah. Anda tidak memerlukan ruangan yang luas atau lahan luas untuk membuat taman indoor.

Saat ini menciptakan taman indoor yang subur dalam waktu singkat dapat dilakukan dengan mudah. 

Biasanya, tukang kebun menggunakan cara mudah membuat taman indoor untuk menanam tumbuhan seperti herba atau sayuran hijau. 

Namun, taman indoor ini juga dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias lainnya. 

Baca Juga: 10 Bunga Keberuntungan yang Bawa Kemakmuran di Rumah, Cocok Ada di Kamar

Kabar baiknya adalah ada begitu banyak sistem penanaman dalam ruangan yang dapat Anda gunakan di rumah Anda. 

Mengutip Homes And Gardens, berikut ini cara mudah membuat taman indoor yang subur dalam waktu singkat.

1. Alas pemanas

Pilihan populer di kalangan pemilik tanaman hias adalah alas pemanas. Hal ini sangat bermanfaat terutama pada musim dingin ketika suhu rata-rata ruangan mungkin lebih rendah sehingga dapat memperlambat laju pertumbuhan. 

Alas hangat untuk tempat duduk bibit dan stek Anda saat mereka berkecambah dan berakar. Ini adalah alat yang hebat untuk digunakan dalam perbanyakan tanah karena membantu meningkatkan suhu media pot, mendorong pertumbuhan akar.

Selain perbanyakan, alas berpemanas juga biasanya digunakan untuk menanam tanaman yang dapat dimakan di dalam ruangan dari biji, seperti tomat, paprika, dan terong.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias di Kamar Mandi

2. Perlengkapan hidroponik

Penggunaan Masker Untuk Aktifitas Harian

Mungkin sistem penanaman dalam ruangan yang paling umum untuk membantu perbanyakan air adalah peralatan hidroponik. Sesuai dengan namanya, sistem pertumbuhan ini dirancang untuk tumbuh dengan menggunakan air.

Perlengkapan menanam hidroponik mudah digunakan dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, jadi selalu ada pilihan untuk ruangan mana pun.

Seperti halnya metode perbanyakan air, ada baiknya menempatkan sistem pertumbuhan hidroponik Anda di tempat yang terang untuk membantu akar berkembang. 

Ini cara yang bagus untuk menanam sayuran berdaun hijau seperti selada, serta herba seperti kemangi, dan membantu perbanyakan tanaman tropis seperti monstera. 

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Terbaik Bantu Tidur Nyenyak, Cocok Ada di Kamar

3. Perbanyakan

Jika Anda mencari sistem khusus yang akan membantu menyebarkan tanaman Anda dengan sukses, stasiun perbanyakan mungkin adalah yang Anda butuhkan.

Stasiun perbanyakan adalah tempat khusus untuk memperbanyak tanaman dari stek atau biji. 

Fitur utamanya adalah penggunaan kaca dan wadah tembus pandang yang memungkinkan Anda melacak kemajuan stek Anda dengan pembentukan akar. 

Seperti peralatan hidroponik, sistem dalam ruangan ini paling baik untuk perambatan air dan dapat menjadi fitur menarik untuk ditempatkan di ambang jendela Anda dengan gelas cantik dan wadah lainnya. 

Keuntungan lain menggunakan sistem jenis ini adalah perawatannya yang relatif rendah, selain mengganti air agar tetap segar. Tanaman yang dapat merambat dengan baik di air antara lain tanaman karet, sirih gading, dan tali hati.

Baca Juga: Ingin Berkebun di Ruang Sempit? Begini Tips dan Cara Mudah untuk Pemula

4. Kubah kelembapan 

Induk tanaman dengan tanaman dalam ruangan tropis akan menyadari perlunya meningkatkan kelembapan agar tanaman ini tetap bahagia.

Anda dapat menyemprotkannya secara teratur setelah tumbuh, tetapi menggunakan kubah kelembapan saat menanam tanaman dari biji juga dapat membantu.

Kubah kelembapan adalah penutup transparan yang ditempatkan di atas pot atau nampan berisi benih yang digunakan untuk menciptakan iklim mikro dengan tingkat kelembapan tinggi di sekitar benih dan bibit. 

Kubah kelembapan dapat digunakan untuk membantu sebagian besar benih berkecambah dan tumbuh, termasuk herba, sayuran, tanaman dalam ruangan berdaun, dan bunga.

Disarankan untuk ventilasi kubah kelembapan secara teratur untuk mencegah kondensasi berlebihan dan pertumbuhan jamur.

5. Miniatur rumah kaca dalam ruangan

Menanam sayuran di dalam ruangan menjadi lebih mudah dengan miniatur rumah kaca dalam ruangan. Mereka tidak memakan banyak ruang dan dapat diletakkan dengan rapi dan tanpa kekacauan di rumah Anda.

Nah, itulah cara mudah membuat taman indoor yang subur dalam waktu singkat. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News