Bugar

3 Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari bagi Tubuh dan Mental​

3 Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari bagi Tubuh dan Mental​

MOMSMONEY.ID - Manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari tidak hanya bagus buat tubuh, tapi juga mental Anda.

Kebanyakan orang telah mendengar bahwa berjalan 10.000 langkah per hari adalah tujuan akhir untuk kesehatan secara umum. 

Tapi, hanya sedikit orang yang tahu dari mana angka tersebut berasal atau apakah itu berlaku untuk mereka. 

Mengutip Verry Well Fit, beberapa penelitian bertujuan untuk membuktikan apakah 10.000 langkah atau sekitar 6 hingga 8 km merupakan tujuan ideal untuk kesehatan dan kebugaran. 

Hasil keseluruhannya beragam, yang menunjukkan, tidak ada satu rekomendasi yang cocok untuk semua, dan kebutuhan setiap orang adalah unik atau berbeda.  

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Coba, Ini 5 Cara Menurunkan Gula Darah Pagi Hari Secara Alami

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari

Penelitian menunjukkan, jalan kaki, terutama jalan cepat, bisa meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, kekuatan otot, dan komposisi tubuh.

Jalan kaki juga mendukung kesehatan mental yang optimal dengan mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Nah, berikut manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari, melansir laman Verry Well Fit:

Kardiovaskular

Pelatihan kardiovaskular meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru Anda, yang menurunkan risiko beberapa penyakit dan semua penyebab kematian. 

Jalan kaki adalah salah satu bentuk pelatihan kardiovaskular yang meningkatkan cara tubuh Anda menggunakan oksigen. 

Dengan berjalan kaki secara konsisten, Anda akan menyadari bahwa upaya tersebut tampak lebih mudah, dan Anda bisa melakukannya dalam jangka waktu yang lebih lama atau dengan intensitas yang lebih tinggi tanpa merasa kehabisan tenaga.

Berjalan kaki, terutama dengan kecepatan tinggi, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, menurut penelitian. 

Ketika kapasitas aerobik Anda meningkat, tubuh Anda menggunakan oksigen lebih efisien, yang berarti jantung Anda tetap kuat dan arteri Anda tetap bersih.

Baca Juga: Bikin Umur Panjang, Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Kesehatan mental

Berjalan kaki setiap hari bisa menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Bagi penderita depresi, kecemasan, dan stres, berjalan kaki adalah cara terbaik untuk mendukung penyembuhan, disertai dengan nasihat dan pengobatan dari profesional medis.

Jalan kaki terbukti membantu mengurangi gejala depresi dengan berjalan kaki di luar ruangan, terutama di ruang hijau atau biru, sehingga memberikan dampak yang lebih besar. 

Selain itu, meningkatkan paparan sinar matahari dapat membantu meringankan depresi pada banyak orang, termasuk penderita Seasonal Affective Disorder (SAD).

Berjalan kaki setiap hari menurunkan tingkat stres dan kecemasan, dan manfaatnya melebihi waktu Anda aktif berjalan. 

Secara umum, aktif mengurangi gejala kecemasan, dan menggabungkannya dengan waktu yang dihabiskan di alam akan menciptakan efek yang kuat. 

Penelitian yang terbit di International Journal of Psychophysiology mengungkapkan, berjalan sejauh 400 meter dengan kecepatan apa pun di alam memberikan manfaat yang berdampak bagi kesehatan mental. 

Termasuk tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah serta peningkatan kondisi psikologis jika dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan.

Baca Juga: Berat Badan Naik? Bisa Jadi Kurang Serat! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Memperkuat otot dan tulang

Jalan kaki bisa berkontribusi pada penguatan otot, terutama pada tubuh bagian bawah dan otot inti, jika Anda baru berolahraga. 

Meskipun pelatihan ketahanan diperlukan untuk melihat peningkatan yang berkelanjutan, mereka yang baru melakukan aktivitas fisik bisa memperoleh peningkatan kekuatan yang moderat.

Latihan menahan beban seperti berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan tulang dan berpotensi meningkatkan kepadatan tulang bila dilakukan dengan kecepatan tinggi secara konsisten dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan tidak banyak bergerak

Namun, perlu dicatat bahwa penguatan tulang yang lebih besar bisa diperoleh dengan berpartisipasi dalam pelatihan ketahanan ini dan mengonsumsi makanan tinggi vitamin, mineral, dan protein.

Itulah manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari tidak hanya bagus buat tubuh, tapi juga mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News