Keluarga

Bikin Umur Panjang, Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Bikin Umur Panjang, Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

MOMSMONEY.ID - Ternyata, minum kopi hitam tanpa gula punya banyak manfaat lo. Mulai dari bagus untuk kesehatan kulit hingga membuat umur lebih panjang. 

Melansir Prodia Digital, orang dewasa disarankan mengonsumsi kafein tidak lebih dari 400mg per hari. Nah, dalam satu cangkir atau 235 ml kopi hitam memiliki 96mg kafein per hari. 

Artinya, Anda tidak boleh mengonsumsi kopi lebih dari 4 gelas per hari. Tapi, cara terbaik meminum kopi adalah tidak menggunakan gula. Sebab, kopi tanpa gula memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. 

Baca Juga: Benarkah Es Krim Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula

Menurunkan risiko diabetes

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, meminum kopi hitam tanpa gula dipercaya bisa menurunkan risiko diabetes. 

Kebiasaan meminum kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi terjadinya diabetes tipe 2. Kopi dipercaya bisa menjaga fungsi liver dan sel beta pada pankreas yang memproduksi insulin dan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. 

Menjaga kulit tetap sehat

Ternyata, kopi hitam tanpa gula juga bagus untuk kesehatan kulit. Kafein dipercaya bisa melindungi kulit dari penuaan dini.

Secara khusus penuaan akibat stres oksidatif. Kafein juga dipercaya bisa melindungi  Anda dari risiko penyakit kulit.

Baca Juga: 5 Gejala Diabetes Paling Umum pada Anak-Anak yang Wajib Orangtua Ketahui

Sebagai antioksidan

Kopi hitam tanpa gula kaya akan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan ini mungkin berkontribusi pada kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis. 

Meningkatkan performa tubuh

Bagi atlet, kopi hitam tanpa gua bisa menjadi penambah energi yang alami dan efektif. Kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh yang bisa meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja fisik. 

Membuat umur lebih panjang

Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi kopi dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Kemampuan kopi dalam mengirangi berbagai penyakit bisa berkontribusi pada hidup yang lebih sehat dan umur yang lebih panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News