Bugar

21 Tips agar Cepat Tidur yang Efektif dan Patut Anda Coba saat Insomnia

21 Tips agar Cepat Tidur yang Efektif dan Patut Anda Coba saat Insomnia

MOMSMONEY.ID - Insomnia menghantui Anda? Jangan panik! Terapkan 21 tips agar cepat tidur yang efektif berikut ini, yuk.

Susah tidur atau insomnia adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Kurangnya tidur berkualitas bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, menurunkan konsentrasi, dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda sering kesulitan tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membantu memperbaiki kualitas tidur Anda. Melansir dari Medical News Today, berikut adalah 21 tips agar cepat tidur yang efektif:

1. Buat Pola Tidur yang Konsisten

Tidur pada jam yang berbeda-beda setiap malam dapat mengganggu tidur Anda karena tubuh memiliki ritme sirkadian yang mengatur kapan waktu tidur dan bangun. Tidur di jam yang sama setiap malam akan membantu tubuh mengenali kapan saatnya tidur.

Baca Juga: Apakah Gula Aren Aman untuk Diabetes? Ketahui Faktanya di Sini

2. Matikan Lampu

Cahaya mempengaruhi ritme sirkadian yang membantu tubuh menentukan kapan waktunya malam. Matikan atau kurangi cahaya di kamar untuk menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur.

3. Hindari Tidur Siang Berlebihan

Tidur siang, terutama yang lebih dari 2 jam, bisa mengganggu pola tidur malam. Sebaiknya batasi tidur siang agar tidak mengganggu siklus tidur Anda di malam hari.

4. Berolahraga Teratur

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat membuat Anda lebih sulit tidur.

5. Kurangi Penggunaan Ponsel

Menggunakan ponsel sebelum tidur bisa mengganggu tidur. Cahaya dari layar ponsel menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu kita untuk tidur. Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Baca Juga: Apakah Ubi Cilembu Bagus untuk Diet? Ungkap Faktanya Berikut Ini

6. Baca Buku

Membaca buku sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran dan mencegah kecemasan. Namun, hindari buku yang terlalu emosional, karena bisa membuat Anda terus terjaga.

7. Hindari Kafein

Kafein bisa membuat Anda lebih sulit tidur, karena ia merangsang kesadaran. Hindari kafein setidaknya 4 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu pola tidur Anda.

8. Coba Meditasi atau Mindfulness

Meditasi atau latihan kesadaran dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang sering kali menjadi penyebab susah tidur. Teknik ini bisa membantu menenangkan pikiran dan mempermudah tidur.

9. Persiapkan Diri Sebelum Tidur

Lakukan aktivitas persiapan tidur seperti menyikat gigi atau membersihkan wajah setidaknya 30 menit sebelum tidur agar Anda bisa langsung rileks saat waktu tidur tiba.

10. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Hindari makan berat sebelum tidur. Makanan tinggi karbohidrat atau olahan bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Pastikan untuk memberi tubuh cukup waktu mencerna makanan sebelum tidur.

Baca Juga: 10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

11. Atur Suhu Kamar yang Nyaman

Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa mengganggu tidur. Usahakan kamar tidur Anda berada pada suhu yang nyaman, sekitar 16–19°C.

12. Gunakan Aromaterapi

Minyak esensial seperti lavender bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran, sehingga memudahkan Anda untuk tidur lebih cepat.

13. Temukan Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur yang nyaman sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur miring sering kali menjadi posisi yang paling nyaman dan baik untuk tubuh.

14. Dengarkan Musik yang Menenangkan

Mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan sebelum tidur dapat membantu tubuh rileks dan memudahkan Anda untuk tidur.

15. Lakukan Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan seperti teknik 4-7-8 (tarik napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik, dan hembuskan selama 8 detik) bisa membantu merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Manfaat Buah Naga untuk Diabetes yang Jarang Diketahui

16. Mandi Air Hangat

Mandi atau berendam dengan air hangat bisa membantu mengendurkan otot dan menyiapkan tubuh untuk tidur.

17. Hindari Membaca E-Book

Membaca e-book sebelum tidur bisa mengganggu tidur Anda karena cahaya layar e-book dapat menghambat produksi melatonin.

18. Konsumsi Melatonin

Melatonin adalah hormon alami yang membantu mengatur tidur. Anda bisa mengonsumsinya sebagai suplemen untuk membantu mempercepat proses tertidur.

19. Gunakan Tempat Tidur yang Nyaman

Kasur dan bantal yang nyaman bisa membuat perbedaan besar dalam kualitas tidur Anda. Investasi dengan menggunakan tempat tidur yang baik bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

20. Hindari Kebisingan

Lingkungan yang bising bisa mengganggu tidur. Jika memungkinkan, ciptakan lingkungan yang tenang di kamar tidur atau gunakan earplug untuk mengurangi suara bising.

Baca Juga: 7 Pilihan Minuman Pereda Asam Lambung yang Sayang Jika Dilewatkan

21. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol bisa membuat Anda mengantuk, tetapi juga bisa mengganggu kualitas tidur. Cobalah untuk menghindari alkohol jika Anda ingin tidur lebih nyenyak.            

Itulah beberapa tips agar cepat tidur yang efektif dan dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Lengkap, Ini Harga Tiket & Rute DAMRI Bandara Soekarno-Hatta Ke Jakarta 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News