Bugar

7 Pilihan Minuman Pereda Asam Lambung yang Sayang Jika Dilewatkan

7 Pilihan Minuman Pereda Asam Lambung yang Sayang Jika Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Ini adalah beberapa minuman pereda asam lambung yang dapat Anda coba konsumsi. Apa saja ya?

Banyak faktor yang memengaruhi naiknya asam lambung, salah satunya adalah makanan dan minuman. Mengonsumsi minuman yang tepat dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Melansir dari Healthline, berikut ini pilihan minuman pereda asam lambung yang sayang jika dilewatkan:

1. Air Putih

Air putih adalah pilihan terbaik bagi penderita asam lambung. Memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dapat mencegah produksi asam lambung berlebih dan membantu proses pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa air dapat meredakan gejala seperti refluks asam, namun konsumsi air harus seimbang agar tidak berlebihan.

Baca Juga: Apakah Ubi Cilembu Bagus untuk Diet? Ungkap Faktanya Berikut Ini

2. Susu Rendah Lemak

Pilih susu dengan kadar lemak yang rendah. Susu nabati seperti susu kedelai, rami, mete, gandum, dan almond bisa menjadi alternatif yang baik. Jenis susu ini umumnya lebih aman untuk penderita GERD.

3. Teh Herbal

Teh herbal seperti chamomile dan licorice dikenal efektif dalam menenangkan lambung dan mengurangi peradangan akibat asam lambung. Chamomile membantu mengurangi stres, yang dapat memicu asam lambung, sementara licorice memperkuat lapisan pelindung di dinding lambung.

Baca Juga: 10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

4. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Jus ini bekerja dengan menenangkan dinding lambung dan mengurangi peradangan, sehingga memberikan rasa lega dari iritasi asam lambung.

5. Air Kelapa

Air kelapa menyegarkan dan kaya akan elektrolit. Dengan pH yang lebih tinggi, air kelapa membantu menetralisir efek asam lambung. Selain itu, air kelapa juga membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat dehidrasi ringan yang disebabkan oleh asam lambung.

Baca Juga: Apakah Gula Aren Aman untuk Diabetes? Ketahui Faktanya di Sini

6. Smoothies Hijau

Smoothie yang dibuat dari sayuran hijau seperti bayam, kale, dan mentimun adalah pilihan baik bagi penderita asam lambung. Sayuran hijau kaya akan magnesium yang membantu menurunkan kadar asam lambung.

Hindari buah-buahan yang terlalu asam dan pilih buah yang lebih ramah untuk lambung, seperti pisang atau melon.

7. Minuman Jahe

Minuman jahe sangat baik untuk meredakan asam lambung karena sifat anti-inflamasi yang kuat. Jahe juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan meningkatkan pergerakan makanan serta asam dari lambung ke usus.

Baca Juga: Khasiat Seledri untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya, Cek yuk!

Nah, itulah minuman pereda asam lambung yang dapat Anda coba konsumsi. Selain minuman ini, penting juga untuk menghindari minuman pemicu asam lambung seperti kafein, alkohol, dan minuman bersoda.

Dengan kombinasi perubahan gaya hidup yang sehat, minuman-minuman ini dapat membantu pengelolaan asam lambung menjadi lebih efektif. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Pekerja Mogok, Boeing Siap-siap Rugi Miliaran Dolas AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News