Bugar

Apakah Ubi Cilembu Bagus untuk Diet? Ungkap Faktanya Berikut Ini

Apakah Ubi Cilembu Bagus untuk Diet? Ungkap Faktanya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Cari tahu fakta, apakah Ubi Cilembu bagus untuk diet atau tidak pada ulasan ini!

Ubi Cilembu adalah salah satu varietas ubi jalar yang populer di Indonesia, terutama karena rasanya yang manis alami dan teksturnya yang lembut.

Ubi ini berasal dari daerah Cilembu, Sumedang, Jawa Barat, dan memiliki cita rasa khas yang unik dibandingkan dengan jenis ubi lainnya.  Selain rasanya yang nikmat, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah Ubi Cilembu bagus untuk diet?

Baca Juga: 10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Ubi Cilembu bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi. Ubi jalar mengandung serat larut kental, yang membentuk gel di saluran pencernaan dan memperlambat proses pencernaan.

Hal ini membuat Anda cenderung makan lebih sedikit dan lebih lama merasa kenyang, yang sangat penting dalam diet menurunkan berat badan

Mengutip dari Healthline, penurunan berat badan terjadi ketika Anda menciptakan defisit kalori, yaitu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Dengan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, Ubi Cilembu dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Ubi jalar mentah terdiri dari 77% air dan 13% serat, sehingga memberikan rasa kenyang dengan kalori yang relatif rendah sambil memberikan energi yang tahan lama.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi serat selama setidaknya 12 bulan berhubungan dengan penurunan berat badan yang signifikan, mencapai 5% dari berat badan peserta.

Studi lain menemukan bahwa mengganti satu kali makan dengan formula pengganti makanan berbahan dasar ubi jalar putih mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar lengan sebesar 5%.

Baca Juga: Khasiat Seledri untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya, Cek yuk!

Jadi, apakah Ubi Cilembu bagus untuk diet? Iya, Ubi Cilembu dapat jadi pilihan Anda untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

Dianjurkan untuk mengonsumsi Ubi Cilembu rebus karena lebih sehat dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Memasak ubi jalar dengan cara merebus memiliki efek paling rendah pada gula darah, karena metode ini membuat pati lebih mudah dipecah oleh enzim tubuh.

Indeks glikemik mengukur seberapa besar suatu makanan dapat meningkatkan gula darah, dengan skala 0-100. GI di bawah 55 dianggap rendah, 56-69 sedang, dan di atas 70 tinggi.

Saat ubi jalar direbus selama 30 menit, GI-nya bisa serendah 46, tetapi jika dipanggang selama 45 menit, GI-nya bisa meningkat hingga 94. Namun, data ini berasal dari penelitian kecil pada 10 orang dewasa.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Manfaat Buah Naga untuk Diabetes yang Jarang Diketahui

Menggoreng ubi jalar dapat meningkatkan jumlah kalori karena penyerapan lemak dari minyak goreng. Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang digoreng, termasuk ubi jalar goreng.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan berlebihan, termasuk ubi jalar seperti Ubi Cilembu, bisa menyebabkan penambahan berat badan. Menurunkan berat badan dapat efektif jika diikuti dengan perubahan pola makan dan olahraga teratur.

Semoga ulasan terkait apakah Ubi Cilembu bagus untuk diet atau tidak ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Solusi Sinergi Digital (WIFI) Teken Kerja Sama dengan 50 Penyedia Internet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News