Bugar

10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Ini dia berbagai manfaat sukun bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bantu turunkan kolesterol, lho.

Sukun memiliki tekstur yang mirip dengan roti setelah dimasak, sehingga sering dijuluki sebagai "breadfruit". Selain rasanya yang lezat, sukun juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja sih manfaat sukun bagi kesehatan tubuh? Berikut telah MomsMoney rangkumkan manfaatnya untuk Anda:

1. Menurunkan Kolesterol

Sukun kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat bekerja dengan cara mengikat lemak dan kolesterol, mencegah penyerapannya oleh tubuh, serta memperlambat peningkatan gula darah.

Hal ini membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Khasiat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh Anda, Ada 11 Manfaat Luar Biasa

2. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Sukun mengandung kalium dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan aliran darah. Mineral ini membantu menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap stabil, serta mencegah pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Selain itu, senyawa fitokimia dalam sukun juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sukun mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gram sukun, terdapat 29 miligram vitamin C yang memenuhi 48% kebutuhan harian. Vitamin C ini membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Berapa Asam Urat Normal Pria Usia 40 Tahun? Cek di Sini, yuk!

4. Membuat Kenyang Lebih Lama

Sukun kaya akan karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks. Dikutip dari Halodoc, dalam 100 gram sukun, terdapat sekitar 24,5 gram karbohidrat yang memenuhi sekitar 10% kebutuhan harian.

Karbohidrat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, serat dan protein dalam sukun juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Sukun mengandung antioksidan, seperti phenolic dan flavonoid, yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Varietas sukun yang berdaging buah kuning-oranye bahkan mengandung lebih banyak antioksidan seperti xanthin dan lutein, yang dapat melindungi tubuh dari peradangan.

6. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Sukun mengandung senyawa antioksidan, seperti phenolic, flavonoid, coumarin, dan xanthones, yang memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi, serta membantu mengatasi kondisi seperti rematik.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Ini 13 Makanan Penurun Gula Darah Terbaik

7. Mencegah Infeksi Bakteri

Sukun juga dapat diolah menjadi ekstrak yang mengandung etil asetat dan metanol yang memiliki sifat antibakteri. Kandungan ini dapat membantu melawan bakteri seperti Streptococcus dan Pseudomonas aeruginosa yang sering menyebabkan infeksi.

8. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Sukun kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan. Serat ini membuat feses lebih lunak sehingga mencegah sembelit serta membantu mengeluarkan racun dari saluran pencernaan.

9. Mencegah Anemia

Sukun mengandung zat besi yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi, sukun dapat membantu mencegah anemia, suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Biji-bijian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

10. Meningkatkan Energi

Sukun merupakan sumber karbohidrat yang dapat memberikan energi. Kandungan seratnya yang tinggi juga membuat Anda merasa kenyang tanpa menambah kalori secara berlebihan, sehingga cocok dikonsumsi sebagai sumber energi sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat sukun bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Katalog Promo JSM Alfamidi Periode 13-16 September 2024, Lebih Hemat Hanya 4 Hari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News