Bugar

6 Buah untuk Menurunkan Kolesterol yang Terbukti Efektif, Ayo Coba

6 Buah untuk Menurunkan Kolesterol yang Terbukti Efektif, Ayo Coba

MOMSMONEY.ID - Yuk, coba konsumsi buah untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

Sudah sepatutnya Anda menjaga kadar kolesterol tetap ada di batas normal. Sebab, kolesterol tinggi bisa jadi pemicu penyakit lain, seperti stroke dan sakit jantung.

Dalam upaya ini, Anda dapat mencoba konsumsi buah untuk menurunkan kolesterol. Tak perlu menunggu lama, inilah daftar buah untuk menurunkan kolesterol yang terbukti efektif:

1. Jeruk

Jeruk tidak hanya enak dan menyehatkan untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung.

Mengutip dari laman Eat This, studi observasional menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk berkaitan dengan kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah. Laki-laki memiliki risiko 23% lebih rendah untuk memiliki kadar HDL yang rendah.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Boleh Konsumsi 5 Jenis Ikan Ini, Apa Saja?

2. Semangka

Semangka adalah buah yang menyegarkan dan juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Buah semangka mengandung likopen, karotenoid yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah peningkatan kadar kolesterol.

3. Plum

Plum juga dapat membantu kesehatan jantung. Menurut penelitian terbaru, konsumsi 50 gram plum harian dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada wanita pascamenopause, serta menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

4. Apel

Apel mengandung pektin dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Mengonsumsi apel secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan.

5. Stroberi

Stroberi mengandung anthocyanin, antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Stroberi juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C, serat, dan mineral lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Trigliserida

6. Alpukat

Melansir dari Eating Well, alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, dengan 5 gram per sepertiga bagian dari alpukat sedang.

Lemak tak jenuh tunggal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, alpukat bebas gula dan natrium.

Anda dapat menikmati alpukat pada roti panggang untuk sarapan, dalam salad tuna untuk makan siang, atau sebagai saus Pesto Alpukat dengan pasta gandum utuh untuk makan malam.

Demikianlah rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba. Konsumsi buah-buahan ini secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain mengonsumsi buah-buahan ini, penting juga untuk menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News