Bugar

Tanpa Efek Samping, yuk Coba Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Berikut

Tanpa Efek Samping, yuk Coba Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Berikut

MOMSMONEY.ID - Sejumlah sayuran penurun kolesterol tinggi berikut patut untuk dicoba karena tidak menimbulkan efek samping. Apa saja rekomendasinya?

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Mengelola kadar kolesterol dalam tubuh adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat, antioksidan, dan fitonutrien.

Berikut adalah beberapa sayuran penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda coba:

1. Sayuran berdaun hijau

Melansir dari Honestdocs, sayuran berdaun hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, dan menjaga pembuluh darah tetap elastis dan sehat.

Selain itu, sayuran berdaun hijau rendah kalori, sehingga baik untuk berat badan. Sayuran seperti bit, kubis, dan brokoli memberikan perlindungan ekstra terhadap kolesterol tinggi, terutama kubis merah dan kale yang sangat kaya akan antioksidan.

Baca Juga: 7 Jus yang Bagus untuk Darah Rendah, Salah Satunya Jus Semangka

2. Buncis

Mengonsumsi buncis secara teratur dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam tubuh. Buncis adalah sayuran penurun kolesterol yang baik karena mengandung lemak tak jenuh ganda dan juga cocok untuk penderita diabetes.

3. Bayam

Bayam mengandung lutein, pigmen kuning yang juga ditemukan dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau lainnya. Lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan sumber lutein setiap hari untuk mencegah serangan jantung. Ini karena lutein dapat membantu dinding pembuluh darah menghilangkan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga: Ciri-ciri Kurang Darah atau Anemia yang Sering Terabaikan, Apa Saja ya?

4. Terong

Terong merupakan sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Serat larut dalam terong membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah.

5. Okra

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Global Journal of Medical Research, polisakarida dalam lendir okra dapat menurunkan kadar kolesterol karena kemampuannya mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati.

Minyak dari biji okra juga berpotensi menurunkan kolesterol darah karena kaya akan asam lemak linoleat (omega-3), yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan plak lemak.

Baca Juga: 5 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Trigliserida

6. Tomat

Tomat mengandung likopen, pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada buah atau sayur. Likopen dapat menurunkan kolesterol sebanyak 10-17%, sehingga baik untuk kesehatan jantung dan kolesterol.

7. Seledri

Seledri mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan dan tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi seledri secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Itulah sayuran penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda coba. Mengonsumsi sayuran ini secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa efek samping.

Kombinasikan dengan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, menjaga berat badan ideal, dan menghindari konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News