Bugar

7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

MOMSMONEY.ID - Daun beluntas adalah salah satu tanaman herbal yang sering ditemui di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Meskipun tidak sepopuler jenis tanaman herbal lainnya, daun beluntas memiliki banyak manfaat kesehatan yang tersembunyi.

Lantas, apa saja khasiat daun beluntas bagi kesehatan?

Merangkum dari laman Klik Dokter dan Halodoc, berikut ini adalah tujuh khasiat daun beluntas bagi kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Daun beluntas memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Penting juga untuk mempertahankan gaya hidup sehat melalui diet yang seimbang, tidak merokok, berolahraga rutin, dan menjaga berat badan ideal untuk mendukung manfaat ini.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

2. Melindungi sel dari radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun beluntas menjadikannya ideal untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau stres oksidatif.

Mengonsumsi daun beluntas bisa membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Mencegah kanker

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun beluntas memiliki sifat antikanker, yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk glioblastoma dan kanker serviks.

Namun, keefektifan daun beluntas sebagai terapi kanker masih membutuhkan investigasi lebih dalam.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Begini 6 Cara Mencegah Asam Urat Paling Ampuh

4. Mengontrol kadar gula darah

Daun beluntas dikenal efektif dalam menurunkan dan mempertahankan kadar gula darah yang stabil. Daun beluntas dapat menghambat proses pemecahan dan penyerapan gula di dalam usus, serta mendukung peningkatan produksi dan fungsi insulin.

Keunggulan ini menjadikan daun beluntas sebagai kandidat yang potensial dalam mencegah resistensi insulin dan pengelolaan diabetes. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya dalam pengobatan diabetes.

5. Mendukung proses penyembuhan luka

Daun beluntas memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang kuat. Sifat antibakteri dan antiinflamasi dari daun ini menjadikannya pilihan yang baik untuk membersihkan dan menyembuhkan luka.

Senyawa seperti saponin, tanin, dan terpenoid dalam daun beluntas diketahui mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

6. Mencegah dan mengobati kerusakan hati

Penelitian dari Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa daun beluntas bisa melindungi hati dari kerusakan akibat toksin, seperti yang disebabkan oleh overdosis parasetamol.

Senyawa myricetin, quercetin, dan kaempferol di dalamnya memiliki sifat protektif terhadap hati.

7. Membantu mengatasi obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa teh dari daun beluntas dapat mengurangi kadar lemak tubuh dan gula darah, yang berpotensi membantu dalam pengelolaan obesitas.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung dan Cara Konsumsinya

Itulah beberapa khasiat daun beluntas bagi kesehatan yang tak banyak orang tahu. Anda dapat mengonsumsi rebusan daun beluntas untuk mendapatkan khasiatnya.

Selain itu, daun beluntas dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul ataupun jamu. Untuk membuat rebusan daun beluntas, Anda bisa merebus sejumlah daun beluntas dengan 300 ml air hingga mendidih, kemudian biarkan hingga air rebusan menjadi hangat.

Minuman ini dapat diminum 2-3 kali sehari, sebelum atau sesudah makan. Konsumsi daun beluntas sebagai suplemen atau jamu pada umumnya dianggap aman.

Namun, sebaiknya hindari penggunaan daun beluntas jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan pada ginjal atau hati, atau sedang menjalani pengobatan medis untuk mencegah kemungkinan interaksi obat.

Selanjutnya: Cara Buka Rekening Bank Mandiri Offline dan Online beserta Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News