Bugar

Daftar Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Sudah Coba?

Daftar Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Sudah Coba?

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya makanan, Anda juga dapat mengonsumsi minuman penurun kolesterol tinggi. Namun, apa sajakah jenis minuman tersebut? Cari tahu jawabannya di sini, yuk.

Diet sehat dan olahraga merupakan beberapa cara yang cukup umum dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Ternyata, konsumsi minuman tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Melansir dari Medical News Today, berikut adalah daftar minuman yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol, Ayo Coba

1. Jus tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang memberikan warna merah pada buah dan sayuran. Studi telah menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Jus tomat, terutama yang dibuat dari tomat segar tanpa gula tambahan, dapat menjadi cara yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Baca Juga: Stres Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Benarkah? Ini Penjelasannya!

2. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif susu yang baik untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi karena kandungan protein nabati, lemak tak jenuh, dan seratnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Mengutamakan konsumsi kedelai dalam bentuk yang lebih alami serta minim tambahan gula, garam, dan lemak, adalah cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: 5 Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Bawang Putih Salah Satunya

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lainnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan total secara efektif. Pada tahun 2020, sebuah penelitian mendalam mengungkapkan peran epigallocatechin gallate (EGCG), sejenis antioksidan yang berlimpah di dalam teh hijau.

Hasil penelitian ini menarik karena menunjukkan bahwa mereka yang rutin menikmati teh hijau cenderung memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

Tidak hanya itu saja, teh hitam, saudara teh hijau, ternyata juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol, lo.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Sederhana

4. Smoothie buah beri

Buah beri, seperti blueberry, rasberi, dan stroberi, kaya akan antioksidan dan serat. Membuat smoothie dari campuran buah beri dapat membantu menurunkan kolesterol.

Ini karena kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan serat yang mendukung kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Menambahkan sumber serat tambahan seperti oat atau chia seeds dapat meningkatkan manfaat penurunan kolesterol dari smoothie ini.

Baca Juga: Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi lo

5. Jus seledri

Seledri telah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Jus seledri, yang dibuat dari seledri segar, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Konsumsi jus seledri dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

Itulah daftar minuman penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda coba. Mengonsumsi minuman ini sebagai bagian dari menu sehat dan gaya hidup aktif dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun, penting untuk mengonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa minuman ini cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News