Bugar

Mengenal Manfaat Nanas untuk Asam Urat, Benarkan Mampu Redakan Gejala?

Mengenal Manfaat Nanas untuk Asam Urat, Benarkan Mampu Redakan Gejala?

MOMSMONEY.ID - Momsmoney akan menjelaskan lebih detail tentang manfaat nanas untuk asam urat berikut ini. Simak selengkapnya.

Nanas sering dikaitkan dengan pengobatan alami berbagai kondisi kesehatan, termasuk asam urat. Banyak yang percaya bahwa nanas mampu meredakan gejala asam urat karena kandungan nutrisinya.

Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika terdapat penumpukan asam urat di dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin, yang ditemukan dalam banyak makanan.

Baca Juga: Intip 8 Daftar Buah-buahan untuk Diet, Cara Mudah Turunkan Berat Badan!

Ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat secara efisien, kristal asam urat dapat terbentuk dan menyebabkan peradangan serta nyeri pada sendi, kondisi yang dikenal sebagai gout.

Melansir dari Healthline, nanas adalah buah yang kaya akan vitamin, enzim, dan antioksidan yang terkenal dapat mendukung kesehatan optimal. Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam nanas ini juga berpotensi meredakan gejala asam urat.

Berikut adalah penjabaran manfaat nanas untuk asam urat:

1. Bromelain

Nanas memiliki kandungan enzim bernama bromelain, yang terkenal akan kemampuannya dalam meredakan peradangan dan memfasilitasi pencernaan.

Meskipun belum ada studi yang secara langsung mengaitkan bromelain dengan pengurangan asam urat, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung bromelain bisa membantu mengurangi gejala peradangan yang berhubungan dengan asam urat.

Baca Juga: 7 Khasiat Daun Beluntas bagi Kesehatan yang Tersembunyi

2. Serat

Nanas juga merupakan sumber serat yang baik, suatu nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berdasarkan penelitian pada tikus, ditemukan oleh sumber yang dapat dipercaya bahwa diet tinggi serat bisa meredakan peradangan yang dipicu oleh asam urat.

Makanan yang kaya serat umumnya bersifat nabati dan memiliki kandungan purin yang rendah, yang bisa menguntungkan bagi penderita asam urat untuk menghindari kekambuhan.

3. Folat

Sebanyak satu cangkir potongan nanas menyediakan 7% dari kebutuhan harian folat. Meskipun tidak ada kaitan langsung antara konsumsi folat dan pengurangan gejala asam urat, riset menunjukkan bahwa folat mampu memecah sebuah protein bernama homosistein.

Protein tersebut sering ditemukan pada level tinggi penderita asam urat.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

4. Vitamin C

Satu cangkir potongan nanas mengandung 131 persen dari asupan harian vitamin C yang disarankan. Melansir Mayo Clinic, suplemen yang mengandung vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, penelitian tentang pengaruh vitamin C terhadap pasien asam urat belum menemukan hubungan yang pasti antara asupan ekstra vitamin C dengan pengurangan jumlah dan keparahan gejala asam urat.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C tidak signifikan dalam membantu menurunkan kadar asam urat pada penderita.

Namun, sebuah penelitian tahun 2009 yang melacak asupan vitamin C dari hampir 47.000 pria menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi selama 20 tahun cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan asam urat.

Nah, demikianlah ulasan terkait manfaat nanas untuk asam urat. Memasukkan nanas ke dalam menu sehari-hari Anda bisa berperan dalam mencegah serangan gout dan mengurangi keparahan gejala asam urat.  Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News