Bugar

Simak 7 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan, Mau Coba?

Simak 7 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Kesehatan, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Kunyit adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan Asia dan memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa. Bukan hanya sebagai bumbu, kunyit juga populer digunakan dalam bentuk minuman, salah satunya adalah air kunyit.

Apa saja manfaat minum air kunyit untuk kesehatan?

Melansir dari laman Cleveland Clinic, di bawah ini adalah beberapa manfaat minum air kunyit untuk kesehatan:

1. Mengurangi peradangan

Kunyit, khususnya kurkumin di dalamnya, mungkin bermanfaat untuk kondisi kronis yang melibatkan peradangan di jaringan tubuh.

Dalam sebuah studi tentang kolitis ulserativa, pasien yang mengonsumsi 2 gram kurkumin sehari bersama obat resep lebih sering mempertahankan remisi dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi obat.

2. Meningkatkan memori

Penelitian klinis menemukan bahwa asupan 90 miligram kurkumin dua kali sehari selama 18 bulan dapat meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa tanpa demensia. Penurunan peradangan otak dan sifat antioksidan kurkumin mungkin berkontribusi pada penurunan penurunan neurokognitif.

Kurkumin juga mungkin berperan dalam mencegah penyakit Alzheimer, tetapi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

3. Mengurangi rasa sakit

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda untuk mengatasi arthritis. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis, meski masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Melawan radikal bebas

Dengan sifat antioksidannya, kunyit dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa efek antioksidan dari kunyit dapat merangsang aktivitas antioksidan lain.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kurkumin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mendukung fungsi endotelial, yang penting untuk regulasi tekanan darah dan pembekuan darah.

Dalam sebuah studi, konsumsi suplemen kurkumin selama 12 minggu meningkatkan produksi endotel pada orang dewasa yang lebih tua dan sehat.

6. Melawan depresi

Kurkumin juga menunjukkan potensi sebagai pengobatan depresi. Satu studi menemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF, yang bisa membalikkan perubahan terkait dengan depresi.

Penelitian lain menemukan kurkumin setara dengan fluoxetine (Prozac) dalam mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: Bongkar 15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Tak Banyak yang Tahu

7. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker. Sebuah studi khusus pada kanker kolorektal menemukan pengurangan signifikan dalam jumlah lesi di usus besar.

Itulah beberapa manfaat minum air kunyit untuk kesehatan Anda.

Untuk membuat air kunyit, Anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam satu gelas air hangat atau air dingin. Aduk hingga tercampur rata, dan tambahkan madu atau lemon untuk rasa tambahan jika diinginkan.  

Selanjutnya: Code Ojol The Game 3 Juni 2024, Cek Daftar Kode Berikut ini dan Cara Klaimnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News