Bugar

11 Tanda Tubuh Anda Alami Gula Darah Tinggi, Wajib Waspada ya

11 Tanda Tubuh Anda Alami Gula Darah Tinggi, Wajib Waspada ya

MOMSMONEY.ID - Tanda gula darah tinggi ada apa saja, ya? Yuk, simak uraian lengkapnya di sini.

Keseimbangan gula darah adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang optimal. Gula darah yang terlalu tinggi atau yang dikenal dengan hiperglikemia, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda gula darah tinggi. Merangkum dari laman Medicine Net dan WebMD, berikut adalah beberapa gejala atau tanda gula darah tinggi yang perlu diwaspadai:

1. Rasa haus yang berlebihan

Salah satu tanda paling umum dari gula darah tinggi adalah rasa haus yang tidak biasa. Jika Anda merasa terus-menerus haus meskipun sudah minum banyak air, ini bisa jadi adalah tanda bahwa kadar gula darah Anda terlalu tinggi.

Baca Juga: Catat, Ini Buah yang Cocok dan Aman untuk Penderita Diabetes

2. Sering buang air kecil

Ketika gula darah Anda tinggi, ginjal Anda bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan gula melalui urine. Hal ini menyebabkan Anda menjadi lebih sering buang air kecil.

3. Kelelahan yang berlebihan

Tanda gula darah tinggi lainnya adalah sering merasa lelah terus-menerus, meskipun sudah cukup tidur, makan sehat, dan berolahraga secara teratur. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar glukosa pada wanita dapat memengaruhi tingkat kelelahan mereka.

4. Penglihatan yang terganggu

Tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan masalah pada mata, termasuk penglihatan yang kabur. Hal ini terjadi karena kadar glukosa yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di mata dan membuat lensa mata membengkak, sehingga sulit untuk fokus.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Diabetes dan Cara Mencegahnya Berikut Ini, yuk!

5. Rasa Lapar yang berlebihan

Gula darah tinggi dapat menyebabkan siklus kelaparan saat tubuh mencoba mengembalikan kadar gula darah ke normal. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat membuat seseorang sulit merasakan rasa kenyang.

6. Gerakan tubuh yang lambat

Jika Anda sering merasa tubuh menjadi lebih lambat dari biasanya, itu mungkin merupakan tanda dari kadar gula darah yang tinggi. Lonjakan insulin akibat konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ini, sehingga energi menjadi tidak stabil.

Baca Juga: Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

7. Masalah kulit

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Lonjakan insulin dapat memicu hormon lain yang menyebabkan kondisi kulit seperti jerawat.

8. Keinginan yang kuat untuk makanan manis

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin besar keinginan untuk mengonsumsinya. Hal ini terjadi akibat kurangnya gula darah atau selera seseorang, dan makanan manis dapat menyebabkan ketagihan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

9. Penurunan berat badan yang signifikan

Penurunan berat badan secara signifikan tanpa sebab bisa menjadi tanda gula darah tinggi. Hal ini terjadi ketika tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi karena gula tetap berada dalam darah.

10. Luka yang lama sembuh

Tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah, sehingga kesembuhan luka menjadi terhambat dan sirkulasi darah terganggu.

Baca Juga: 7 Obat Penurun Gula Darah Alami yang Bisa Anda Coba

11. Nyeri pada kaki

Tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh, termasuk di kaki, yang dikenal sebagai neuropati diabetik. Hal ini dapat menyebabkan kaki kesemutan, nyeri, atau mati rasa.

Itulah beberapa tanda gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Mengelola kadar gula darah Anda melalui diet yang seimbang, olahraga teratur, dan pengobatan (jika diperlukan) adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang baik dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Jadi, tetap waspada terhadap tanda-tanda gula darah tinggi dan bertindak cepat jika Anda mengalaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News