Bugar

Dijamin Ampuh, Ini 4 Jus untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Dijamin Ampuh, Ini 4 Jus untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Konsumsi jus untuk menurunkan gula darah tinggi adalah cara sederhana yang banyak diminati. Berikut ini rekomendasi jus yang bisa Anda coba.

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum dihadapi oleh banyak orang. Kondisi ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh, yang jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius.

Cara efektif untuk mengendalikan gula darah salah satunya adalah melalui konsumsi minuman yang tepat, seperti beberapa jenis jus.

Mengutip dari Very Well Health, di bawah ini adalah empat jenis jus untuk menurunkan gula darah tinggi yang ampuh:

1. Jus seledri

Jus seledri mengandung serat dan antioksidannya yang tinggi. Serat dalam seledri membantu mengatur penyerapan gula di dalam tubuh. Tak hanya itu, fungsi serat lainnya adalah mencegah lonjakan gula darah yang tajam.

Kandungan vitamin dan mineral dalam seledri mendukung fungsi pankreas dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting dalam pengelolaan diabetes.

Baca Juga: 6 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Sayang untuk Dilewatkan

2. Jus tomat

Tomat memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes. Tomat rendah karbohidrat dan kaya serat, yang membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, tomat juga kaya akan likopen, antioksidan yang telah terbukti meningkatkan fungsi kardiovaskular, yang sering menjadi perhatian bagi penderita diabetes.

3. Jus wortel

Jus wortel adalah pilihan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah tinggi, berkat kandungan serat dan antioksidannya. Serat dalam wortel membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah serta mengurangi lonjakan gula darah.

Wortel juga kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan sangat penting bagi penderita diabetes.

Indeks glikemik yang rendah dari wortel membuatnya menjadi pilihan yang aman dan sehat untuk diintegrasikan ke dalam diet harian bagi orang dengan gula darah tinggi.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

4. Jus kangkung

Kangkung mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin C, yang membantu melawan stres oksidatif yang dapat mempengaruhi sensitivitas insulin.

Dengan mengonsumsi jus kangkung secara teratur, dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam rentang yang sehat dan mendukung pengelolaan kondisi diabetes secara efektif.

Itulah beberapa jus untuk menurunkan gula darah tinggi yang bisa Anda coba. Saat membuat jus ini, penting untuk menggunakan buah dan sayur segar dan menghindari penambahan gula atau pemanis buatan.

Mengelola diabetes memerlukan pendekatan holistik yang mencakup diet, olahraga, pengobatan yang tepat, dan pemantauan gula darah secara teratur.

Dengan kombinasi pendekatan ini, termasuk konsumsi jus yang sehat, orang dengan diabetes dapat mengendalikan kondisi mereka dengan lebih efektif dan meminimalkan risiko komplikasi jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News