Bugar

Ketahui Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung yuk

Ketahui Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung yuk

MOMSMONEY.ID - Air kelapa muda dikenal dengan khasiatnya yang beragam, mulai dari menghidrasi tubuh hingga menawarkan nutrisi penting. Salah satu manfaat yang mungkin belum banyak diketahui adalah khasiat air kelapa muda asam lambung lo.

Mengutip dari Halodoc, ketika mengalami serangan asam lambung, disarankan untuk menghindari makanan dan minuman asam yang dapat memperburuk kondisi.

Sebagai gantinya, makanan yang bersifat netral atau alkali direkomendasikan karena dapat membantu meredakan gejala asam lambung dan menstabilkan pH tubuh.

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami yang bersifat alkali, efektif dalam menurunkan tingkat keasaman di perut dan menjaga keseimbangan pH tubuh.

Baca Juga: Amankah Konsumsi Pisang Kepok untuk Asam Lambung?

Kaya akan elektrolit seperti potasium, minuman ini memainkan peran penting dalam mempertahankan keseimbangan pH yang sangat diperlukan untuk mengatur asam lambung.

Melansir dari Alodokter, kalium di dalam air kelapa diketahui memiliki kemampuan untuk menetralkan asam, yang menjadikannya efektif dalam meredakan gejala asam lambung.

Karena itulah, banyak orang meyakini bahwa air kelapa dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk masalah asam lambung.

Namun, untuk memaksimalkan khasiat air kelapa muda untuk asam lambung, sebaiknya konsumsi air kelapa yang masih murni tanpa tambahan gula atau pemanis lain.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Tidak Boleh Makan Sayuran Ini, Cek Daftarnya!

Selain air kelapa muda, berikut ini adalah minuman lain yang bagus untuk asam lambung lainnya, bersumber dari Healthline dan Medical News Today:

1. Air putih

Air putih merupakan pilihan minuman yang baik untuk mengatasi asam lambung. Namun, penting untuk memperhatikan kadar pH air yang dikonsumsi. Kebanyakan air memiliki pH yang cenderung netral, sekitar angka 7, sehingga bisa meningkatkan pH makanan yang dikonsumsi.

2. Susu nabati

Susu nabati, seperti susu almond, adalah pilihan yang baik bagi mereka yang intoleran laktosa. Susu nabati memiliki kandungan basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain susu almond, susu kedelai juga bisa menjadi alternatif.

Baca Juga: 9 Makanan untuk Menurunkan Asam Lambung yang Dapat Anda Konsumsi

3. Susu rendah lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim dapat membantu mengatasi asam lambung. Jenis susu ini berbeda dengan susu sapi tinggi lemak, yang bisa sulit dicerna dan memperburuk gejala asam lambung.

4. Teh herbal

Teh herbal dapat meningkatkan kinerja pencernaan dan membantu mencegah asam lambung. Namun, sebaiknya hindari teh spearmint atau peppermint. Pilihlah teh yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Baca Juga: Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

5. Wedang jahe

Jahe dikenal dapat menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe secara rutin.

6. Jus buah

Jus buah bisa membantu mengatasi asam lambung, tetapi sebaiknya hindari jus dari buah-buahan yang tinggi asam, seperti buah citrus atau apel. Buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung antara lain adalah pisang, pepaya, bit, semangka, dan pir.

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat air kelapa muda untuk asam lambung. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News