Bugar

Tren Drink Your Retinol, Ini Buah dan Sayur Kaya Retinol yang Bikin Kulit Bersih

Tren Drink Your Retinol, Ini Buah dan Sayur Kaya Retinol yang Bikin Kulit Bersih

MOMSMONEY.ID - Daftar buah dan sayur kaya retinol apa saja, sih? Simak selengkapnya berikut ini, yuk.

Anda tentu tidak asing dengan retinol, bukan? Biasanya orang-orang mengaplikasikan retinol ke kulit dalam bentuk skincare. Namun, belakangan ini sedang tren drink your retinol di media sosial.

Dalam tren tersebut, dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur kaya retinol untuk menjaga kulit bersih dan mulus dari dalam.

Cara konsumsinya pun beragam, bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus sehat yang menyegarkan.

Sebenarnya, retinol secara alami tidak ditemukan dalam buah-buahan. Retinol adalah bentuk vitamin A yang biasanya ditemukan dalam sumber hewani.

Namun, beberapa buah kaya akan beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A (pro-vitamin A) dan dapat diubah oleh tubuh menjadi retinol.

Baca Juga: Obati Asam Urat dengan Terapi Jeruk Nipis, Mau Coba?

Mengutip dari Very Well Health, inilah beberapa buah dan sayur kaya retinol yang bisa membuat kulit bersih dan mulus:

1. Wortel

Wortel adalah salah satu sumber beta-karoten terbaik, yang merupakan prekursor vitamin A atau retinol. Beta-karoten membantu dalam regenerasi sel kulit dan meningkatkan kecerahan kulit.

Mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu dalam mengurangi tampilan garis-garis halus dan membuat kulit tampak lebih muda.

2. Mangga

Mangga tidak hanya menggugah selera karena rasanya, tetapi juga sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dalam mangga membantu dalam mengurangi jerawat dan mencerahkan kulit. Mangga juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan dini.

3. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang memberikan efek anti-penuaan. Selain itu, tomat juga merupakan sumber vitamin A yang membantu dalam memperbaharui sel kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Efektif Turunkan Kadar Kolesterol, Konsumsi Buah untuk Menurunkan Kolesterol Ini

4. Bayam

Bayam kaya dengan vitamin A dan antioksidan yang membantu dalam memelihara kulit. Kandungan vitamin A dalam bayam membantu dalam regenerasi sel kulit, sementara antioksidannya melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal.

5. Pepaya

Pepaya merupakan sumber yang kaya akan enzim papain dan beta-karoten. Enzim ini membantu mengelupas kulit secara alami, menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberikan kulit wajah yang lebih cerah dan bersih.

Beta-karoten dalam papaya juga mendukung kesehatan kulit dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Konsumsi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Ini, yuk

Itulah beberapa buah dan sayuran kaya retinol yang bisa Anda konsumsi. Walaupun makanan yang kaya akan provitamin A seperti beta karoten bermanfaat, penting mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan hiperkarotenemia, suatu kondisi di mana kulit menjadi kuning akibat tingginya kadar karoten dalam darah.

Tren drink your retinol menggarisbawahi pentingnya nutrisi dari dalam untuk kesehatan kulit.

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran kaya retinol ini, Anda tidak hanya memberi nutrisi pada tubuh, tetapi juga membantu dalam mencapai kulit yang lebih bersih, cerah, dan mulus.

Selanjutnya: MNC Sekuritas Proyeksikan IHSG Rawan Koreksi di 19 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News