Bugar

Mau Cepat Kurus? Konsumsi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Ini, yuk

Mau Cepat Kurus? Konsumsi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Ini, yuk

MOMSMONEY.ID - Makanan untuk menurunkan berat badan ada apa saja? Yuk, simak daftar rekomendasinya berikut ini.

Menurunkan berat badan sering kali menjadi tujuan bagi banyak orang yang ingin mencapai tubuh yang lebih sehat dan proporsional.

Namun, proses penurunan berat badan yang sehat dan efektif membutuhkan kombinasi dari pola makan yang seimbang dan aktivitas fisik teratur.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memilih makanan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

Merujuk dari Healthline, di bawah ini adalah beberapa makanan untuk menurunkan berat badan:

Baca Juga: Sedang Diet? Coba Jus Penurun Berat Badan Ini, yuk

1. Kale

Kale merupakan sumber antioksidan dan beragam nutrisi penting seperti mangan, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, kale memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, yang membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan mendukung dalam proses penurunan berat badan.

2. Brokoli

Brokoli merupakan makanan super yang kaya nutrisi dan merupakan tambahan yang sangat baik dalam diet penurunan berat badan yang sehat. Secara khusus, brokoli mengandung serat dan mikronutrien penting seperti vitamin C, folat, kalium, dan mangan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, meningkatkan konsumsi sayuran silangan, termasuk brokoli, dapat membantu mencegah peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Paduan Diet Mediterania untuk Pemula, Diet Sehat Bantu Turunkan Berat Badan!

3. Alpukat

Alpukat kaya akan kalium, folat, serta vitamin C dan K. Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, alpukat juga mengandung serat dan lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung, membantu menjaga perasaan kenyang di antara waktu makan, dan mendukung penurunan berat badan.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin A dan C, mangan, dan vitamin B. Lebih lanjut, ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu memperlambat proses pengosongan perut untuk mendukung penurunan berat badan dan penurunan lemak.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cobain yuk!

5. Ikan salmon

Salmon merupakan jenis ikan berlemak yang dikenal karena nutrisinya yang luar biasa. Selain mengandung jumlah asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dalam setiap porsi, salmon juga kaya akan vitamin B, selenium, dan kalium.

Salmon juga merupakan salah satu sumber protein terbaik yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.  Protein juga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

6. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya dan mengandung vitamin dan mineral penting. Mengonsumsi telur sebagai bagian dari sarapan dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori selama hari.

Baca Juga: 6 Tips Diet Cepat agar Berat Badan Ideal, Ayo Coba!

7. Yogurt 

Yogurt Yunani rendah lemak adalah sumber protein tinggi yang juga mengandung probiotik, bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi yogurt Yunani sebagai camilan atau bagian dari sarapan dapat membantu menjaga perut kenyang dan menyehatkan pencernaan.

8. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete, serta biji-bijian seperti chia seeds dan biji rami, adalah sumber protein nabati, serat, dan lemak sehat.

Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian secara teratur dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut, Dijamin Cepat Langsing!

9. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang rendah glikemik, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan dapat membantu menjaga perasaan kenyang dan energi yang stabil sepanjang hari.

10. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut katekin, yang telah terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh.

Minum teh hijau tanpa pemanis tambahan sebagai alternatif untuk minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda atau kopi manis dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda.

Baca Juga: Air Lemon untuk Diet, Bisa Bikin Turun Berat Badan lo

11. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap seperti kangkung, selada, dan kale mengandung serat tinggi, vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mempercepat proses penurunan berat badan.

Nah, itulah rekomendasi makanan untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Mengonsumsi makanan-makanan ini sebagai bagian dari pola makan seimbang dan berolahraga secara teratur akan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News