Bugar

Intip Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh di Sini, Ada 9 Manfaat

Intip Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh di Sini, Ada 9 Manfaat

MOMSMONEY.ID - Kerap jadi pengobatan alternatif, yuk, ketahui manfaat bekam untuk kesehatan tubuh!

Bekam adalah teknik pengobatan tradisional yang terkenal dengan kegunaannya untuk memperbaiki sirkulasi darah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Menurut Journal of Acupuncture and Meridian Studies dan penelitian lainnya, bekam dapat membantu mengatasi beberapa penyakit.

Menyadur dari laman Halodoc, inilah beberapa manfaat bekam untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan aliran darah ke kulit

Bekam dikenal efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah. Menurut penelitian di jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice, terapi bekam membantu meningkatkan aliran darah.

Dan, meregangkan jaringan di bawah kulit, yang memungkinkan tubuh menyembuhkan peradangan atau keluhan lain secara alami.

Baca Juga: Kacang untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Catat Daftarnya

2. Mengurangi rasa nyeri

Bekam dapat mengurangi rasa nyeri karena meningkatkan sirkulasi darah yang optimal. Meskipun prosesnya terkadang bisa terasa sedikit nyeri, umumnya tidak terasa menyakitkan.

3. Mengurangi peradangan

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research menunjukkan, bekam efektif mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita arthritis, serta mengurangi kekakuan sendi.

4. Menjaga kesehatan kulit

Bekam membantu menjaga elastisitas kulit, melindunginya dari berbagai paparan virus atau bakteri, dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

5. Meningkatkan imunitas

Ketika aliran darah optimal, imunitas juga meningkat. Imunitas adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mencegah paparan bakteri dan virus.

6. Menurunkan risiko penyakit asam urat

Rutin melakukan bekam diduga bisa menurunkan risiko asam urat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hubungan ini.

7. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Sebuah studi pada tahun 2019 menunjukkan bahwa bekam membantu mengurangi frekuensi dan intensitas sakit kepala kronis dan migrain.

Baca Juga: 8 Rebusan Daun Penurun Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

8. Meningkatkan kesuburan dan mengatasi gangguan ginekologi

Penelitian di Medical Acupuncture menunjukkan bahwa kombinasi akupunktur dan bekam dapat mengurangi stres dan memperbaiki kondisi saluran tuba falopi, yang dapat meningkatkan kesuburan.

9. Mengatasi berbagai penyakit

Secara tradisional, bekam digunakan untuk mengatasi masalah paru-paru seperti batuk dan asma, serta keluhan lain seperti paralisis, masalah pencernaan, dan nyeri.

Baca Juga: Konsumsi yuk, Pilihan Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal Ini

Itulah beberapa manfaat bekam untuk kesehatan tubuh. Bekam adalah terapi yang umumnya aman dengan risiko efek samping yang rendah.

Namun, ada beberapa efek samping lain yang mungkin muncul, termasuk memar, sakit kepala, nyeri otot, mual, infeksi kulit, gatal, atau bahkan jaringan parut.

Meski demikian, terdapat kondisi tertentu yang membuat seseorang tidak disarankan untuk menjalani terapi bekam.

Melansir dari Alodokter, beberapa kondisi tersebut antara lain adalah kehamilan, penggunaan alat pacu jantung, epilepsi, hemofilia, penyakit kardiovaskular, eksim, psoriasis, atau memiliki riwayat stroke.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan terapi bekam. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News