Bugar

Konsumsi yuk, Pilihan Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal Ini

Konsumsi yuk, Pilihan Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal Ini

MOMSMONEY.ID - Penting untuk menjaga kesehatannya, konsumsi makanan untuk perbaiki fungsi ginjal berikut ini, yuk.

Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi untuk menyaring limbah dari darah dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Memilih makanan yang tepat sangat penting untuk mendukung kesehatan ginjal. Menyadur dari laman Alodokter, berikut adalah beberapa pilihan makanan untuk perbaiki fungsi ginjal:

1. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit adalah sumber protein yang baik. Meskipun penderita penyakit ginjal perlu membatasi protein, mencukupi kebutuhan protein tetap penting untuk kesehatan.

Hindari mengolah ayam dengan cara digoreng atau dipanggang karena bisa menambah natrium dan fosfor.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Rambut

2. Ikan

Ikan merupakan pilihan makanan yang bagus untuk ginjal, terutama ikan yang kaya omega-3 dan rendah natrium, kalium, serta fosfor, seperti salmon, tuna, kembung, atau sarden.

Omega-3 di dalam ikan bisa membantu menurunkan kolesterol buruk dan tekanan darah. Namun, makan ikan sebaiknya tidak lebih dari 2-3 kali seminggu.

3. Buah tertentu

Beberapa buah cocok untuk penderita penyakit ginjal, seperti persik, nanas, apel, serta buah beri seperti bluberi, stroberi, dan rasberi.

Buah-buahan ini baik untuk ginjal karena kaya vitamin, serat, dan antioksidan. Konsumsi buah tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah, dan stabilkan gula darah karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

4. Putih telur

Putih telur adalah sumber protein yang berkualitas tinggi dan memiliki fosfor yang rendah, sehingga aman untuk penderita penyakit ginjal.

5. Sayuran tertentu

Beberapa sayuran juga baik untuk ginjal karena rendah kalium, fosfor, dan natrium, termasuk lobak, kubis, kembang kol, dan mentimun.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat yang rendah kalium, natrium, dan bebas fosfor, sehingga cocok untuk penderita penyakit ginjal. Minyak ini juga jadi pilihan yang baik untuk memasak.

Baca Juga: Wajib Tahu Dampak Buruk Begadang Ini, Studi Sebut Bisa Mempersingkat Umur

7. Bawang

Untuk mengurangi asupan natrium atau garam, gunakan bawang untuk menambah rasa pada makanan, seperti bawang putih atau bawang bombay.

Itulah beberapa makanan untuk perbaiki fungsi ginjal yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News