Keluarga

Ternyata Boraks Bisa Digunakan untuk 5 Hal Ini!

 Ternyata Boraks Bisa Digunakan untuk 5 Hal Ini!

MOMSMONEY.ID - Ternyata boraks bisa membantu Moms mengatasi permasalahan di rumah lo! Mulai dari mengusir serangga hingga membersihkan peralatan rumah yang kotor dan bau. 

Boraks adalah bubuj putih yang juga dikenal dengan nama sodium borat atau sodium tetraborat. Sodium borat pertama kali muncul sebagai mineral alami di dasar danau kering Tibet pada abad kedelapan Masehi. 

Boraks biasanya digunakan sebagai bahan pembersih rumah tangga yang terbuat dari boron, natrium dan oksigen. 

Baca Juga: Daftar HP dengan Kamera Terbaik Tahun 2024, Bisa Hasilkan Foto Luar Biasa

Bubuk boraks memiliki kekuatan membersihkan yang luar biasa jika ditambahkan dengen detergen. Jadi Anda bisa membuat solusi pembersih serbaguna dengan menggunakan boraks.

Melansir How Stuff Works, ini 5 cara menggunakan boraks untuk membersihkan rumah!

Mengatasi sumber semut

Buat campuran 1/4 gelas gula, 1 gelas air hangat dan satu sendok makan boraks. Gula akan menarik perhatian semut dan mereka akan membawanya ke tempat persembunyiannya. Namun campuran boraks akan membunuh semut dan sumbernya. Boraks juga bisa digunakan untuk membutuh laba-laba dan kecoa.

Untuk membersihkan rumah

Isi botol semprot dengan campuran boraks untuk membersihkan rumah. Semprotkan pada area yang berjamur seperti wastafel dan bathtub porselen, permukaan stainless-steel, furnitur outdoor dan karpet.

Tambahkan air perasan lemon dan campurkan dengan boraks untuk campuran yang lebih ampuh. Cukup basahi sedikit besi yang berkarat dan diamkan selama beberapa jam sebelum Anda gosok, bilas dan keringkan. 

Cara membuat campuran boraks adalah melarutkan setengah cangkir boraks ke dalam 1,5 cangkir air panas. Kemudian tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring dan 4 sendok teh cuka. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma yang Anda sukai. 

Baca Juga: 8 Jenis Susu Bebas Laktosa yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari, Tak Bikin Perut Sakit

Bermanfaat untuk kebun
Boraks merupakan herbisida yang sangat baik. Cukup taburkan boraks langsung pada gulma yang ingin Anda bunuh dan mereka akan layu. 

Anda juga bisa menaburkan boraks (beberapa sendok makan) di sekitar pohon buah yang masih mudah setiap beberapa tahun sekali untuk memperbaharui kandungan tanahnya. Sehingga mineral pada tanah bisa mempercepat pertumbuhan buah dan perkembangan benih serta membantu pohon hidup lebih lama. 

Boraks juga bisa digunakan untuk membantu bunga 'abadi' kembali setelah dipotong. Cukup dengan mencampur boraks dengan tepung jagung dengan perbandingan yang sama. Kemudian oleskan campuran tadi ke kelopak bunga. Bubuk ini akan mengeriingkan bunga dan menjaganya selamanya. 

Baca Juga: 9 Manfaat Pilates untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Stres

Menghilangkan bau tidak sedap
Anda bisa menggunakan boraks di tempat sampah, rak sepatu atau area lain di rumah yang sering bau. Bahkan, dari pada menggosok kamar mandi, cukup taburkan dua sendok makan boraks di sekitar toilet dan penyaringan air. 

Kemudian gunakan spons lembab dan air hangat untuk membuat boraks bertekstur seperti pasta. Kemudian diamkan di kamar mandi selama beberapa jam. Jika sudah bilas dengan air mendidih untuk menghilangkan pastanya. Kamar mandi akan bersih dan baunya jadi lebih segar. 

Meningkatkan kerja detergen
Anda bisa menggunakan boraks untuk mencuci pakaian Anda. Cukup dengan menambahkan setengah gelas boraks ke detergen. 
Kemudian, jika Anda ingin memutihkan dan mencerahkan pakaian, gunakan satu setengah gelas boraks dan campur dengan satu liter air. Kemudian rendam selama 1 jam. Setelah itu cuci seperti biasa. 

Selanjutnya: Ini Cara Hilangkan Noda Hitam Karena Jamur pada Baju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News