Keluarga

8 Jenis Susu Bebas Laktosa yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari, Tak Bikin Perut Sakit

8 Jenis Susu Bebas Laktosa yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari, Tak Bikin Perut Sakit

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang intoleran terhadap laktosa. Rata-rata dari mereka tidak bisa mengonsumsi susu sapi karena susu tersebut mengandung laktosa, yakni sejenis gula yang bisa sebabkan gejala pencernaan.

Kabar baiknya, orang yang mengalami intoleran laktosa masih bisa mengonsumsi susu, namun dengan pilihan susu bebas laktosa.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan beberapa jenis susu bebas laktosa yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Perbedaan Susu Almond vs Susu Kedelai, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

Susu kedelai

Susu kedelai adalah salah satu jenis susu bebas laktosa yang mengandung protein jauh lebih tinggi dibandingkan jenis susu nabati lainnya, dikutip dari Kompas.com.

Susu kedelai juga merupakan sumber dari zat besi & potassium yang berguna untuk tubuh.

Susu almond

Susu almond

Susu almond merupakan susu bebas laktosa yang memiliki rasa sedikit pedas. Jenis susu ini bergitu populer di kalangan vegan maupun orang-orang yang memiliki alergi terhadap laktosa.

Dikutip melalui Pharm Easy, penelitian menunjukkan bahwa almond utuh lebih bermanfaat dibandingkan almond tanpa kulit. Sayangnya, banyak produsen susu almond yang membuat susu tersebut dari jenis almond tanpa kulit sehingga mengurangi nilai gizinya.

Adapun beberapa manfaat mengonsumsi susu almond seperti vitamin E, rendah gula, rendah kalori, memperkuat tulang, mengurangi risiko jantung.

Baca Juga: Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

Susu beras

Susu beras secara alami cenderung lebih manis daripada jenis susu bebas laktosa lainnya. Sayangnya, susu beras cukup rendah protein. Dalam 1 porsi susu beras, hanya terdapat 1 gram protein saja. Sementara kandungan kalorinya sama dengan secangkir susu biasa, yakni 120 kalori.

Susu kacang mete

Susu kacang mete juga merupakan jenis susu bebas laktosa yang dibuat dari kacang mete panggang & menghasilkan rasa susu yang mirip dengan almond, yakni sedikit pedas.

Rata-rata segelas susu kacang mete mengandung sekitar 45% dari dosis kalsium harian Anda jika dibandingkan segelas susu biasa yang hanya mengandung sekitar 30% kalsium saja.

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Susu oat

Susu oat

Susu oat memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada jenis susu bebas laktosa lainnya. Namun sebenarnya susu ini mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, vitamin D, kalsium, hingga zat besi.

Tekstur susu oat sedikit creamy & manis, mengandung karbohidrat lebih tinggi dari susu sapi.

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Hemp milk

Hemp milk atau susu biji hemp bercitarasa pedas & hangat di tenggorokan, juga lebih beraroma. Rasa jenis susu yang satu ini benar-benar mirip seperti kacang. Namun hemp milk sedikit sulit untuk ditemukan di swalayan biasa.

Susu kambing

Susu kambing

Mengutip Taste of Home, sebenarnya susu kambing termasuk susu bebas laktosa karena kandungan laktosanya lebih sedikit daripada susu sapi.

Susu kambing jadi pilihan populer dikalangan orang-orang yang intoleran terhadap laktosa.

Baca Juga: Susu Kental Manis vs Susu Evaporasi, Ini 3 Perbedaannya dari Rasa hingga Tekstur

Santan

Santan atau yang disebut juga sebagai susu kelapa memiliki rasa yang manis dan termasuk jenis susu bebas laktosa. Susu ini mengandung karbohidrat yang rendah, tetapi kandungan lemaknya cukup tinggi.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, santan diperkaya kalsium, vitamin D & B12. Namun santan sangat sedikit mengandung zat besi & potassium.

Itu dia deretan jenis susu bebas laktosa yang bisa jadi alternatif bagi para pengidap intoleran laktosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News