Keluarga

Siang Hari (29/1) Ini, Sinar UV di Indonesia Masih Dalam Level Bahaya Ekstrem lo

Siang Hari (29/1) Ini, Sinar UV di Indonesia Masih Dalam Level Bahaya Ekstrem lo

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pasa siang hari ini, Senin, 29 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Berapa Jumlah Kafein dalam Berbagai Jenis Teh? Ini Dia Kadarnya

Simak jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Senin, 29 Januari 2024.

Papua dan Maluku

Papua akan alami sinar UV berbahaya di level sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian level bahaya meningkat jadi ekstrem mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WIT. Semakin sore, kadar bahaya sinar UV di Papua turun ke level sedang mulai pukul 14.00 WIT. 

Sedangkan di Maluku, Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan mulai pukul 11.00 WIT. Kemudian meningkat menjadi bahaya ekstrem pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIT.

Pada pukul 14.00 WIT kadar bahaya sinar UV turun ke level sangat tinggi dan perlahan pulih menuju aman pada pukul 16.00 WIT.

Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara

Untuk wilayah Indonesia Tengah yaitu Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai pukul 10.00 WITA. Indeks sinar UV berbahaya capai level ekstrem mulai pukul 11.00 WITA hingga 13.00 WITA.  

Indeks bahaya sinar UV kemudian berangsur pulih. Kondisi mulai aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa

Kedua pulau ini alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIB. Indeks bahaya sinar UV mencapai level ekstrem di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah mulai pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Di wilayah Kalimantan Barat, Timur, dan Selatan sinar UV turun ke level bahaya sedang mulai pukul 12.00 WIB. Di wilayah Jawa, sinar UV berbahaya turun ke level sedang pukul 11.00 WIB. 

Baca Juga: Para Pecinta Kopi, Ini lo 4 Level Roasting Kopi yang Bikin Rasanya Berbeda-beda

Sumatera

Sumatera mulai alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem pada pukul 11.00-14.00 WIB.Kondisi mulai pulih pada pukul 15.00 WIB. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Cek Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo Senin-Minggu, 29 Januari-4 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News